3 Hal yang Bisa Anda Lakukan saat Motherboard Laptop Rusak

Motherboard adalah salah satu bagian dalam sistem komputer yang bentuknya seperti papan dan seringkali disebut dengan nama mobo atau mainboard. Bagian ini berfungsi sebagai tempat bagi para perangkat keras utama sebuah komputer seperti chip controller, microprocessor, ROM, BIOS, RAM dan bagian-bagian CPU lainnya untuk saling terhubung.

Bagian ini cenderung jarang mengalami kerusakan, akan tetapi sekali kerusakan itu terjadi, maka pemilik komputer harus menyiapkan sejumlah uang yang cukup tinggi untuk memperbaikinya mengingat harganya sendiri lumayan mahal. Di bawah ini ada informasi mengenai 3 hal yang dapat Anda Lakukan apabila mainboard laptop Anda tengah mengalami kerusakan, antara lain:

3 Hal yang Dapat Dilakukan Jika Motherboard Laptop Rusak

Memperbaikinya Sendiri

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa kerusakan dan memperbaikinya sendiri. Anda boleh melakukan hal ini sendiri hanya apabila Anda memang paham betul dengan masalah mainboard. Jangan nekat untuk melakukannya apabila pengetahuan Anda belum mumpuni atau bahkan tidak tahu sama sekali, karena mainboard ini adalah sesuatu yang sifatnya sangat penting bagi komputer.

Selain harus mempunyai pengetahuan yang mendalam, Anda juga harus memastikan bahwa diri Anda sendiri termasuk orang yang teliti dan sabar ataukah tidak. Memperbaiki mobo yang rusak atau mati total memerlukan kesabaran dan ketelitian yang tinggi sehingga jika Anda tidak mempunyai kedua hal tersebut, sebaiknya serahkan saja urusan perbaikan ini pada teknisi.

Mendatangi Teknisi

Anda tidak mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai mainboard? Atau Anda sebenarnya paham namun Anda adalah orang yang cenderung tidak teliti dan tidak sabar? Maka Anda bisa menempuh cara yang kedua ini, yakni dengan mendatangi teknisi. Ini adalah langkah yang sangat tepat untuk Anda lakukan mengingat teknisi itu sendiri pasti mempunyai kedua syarat tersebut.

Selain itu, para teknisi juga pasti mempunyai berbagai alat-alat yang diperlukan untuk memperbaiki mainboard. Catatannya adalah pastikan bahwa teknisi yang Anda datangi itu benar-benar sudah ahli, terpercaya dan terkenal supaya mainboard Anda bisa ditangani dengan baik.

Jika memungkinkan, akan lebih bagus lagi jika Anda membawa perangkat tersebut pada service center-nya. Tetapi jika Anda memang tidak bisa melakukan hal ini, silahkan Anda memilih teknisi dengan sangat selektif.

Membeli Laptop Baru

Nah, alternatif terakhir yang bisa ditempuh apabila Anda tidak mampu mengatasi motherboard laptop yang rusak adalah membeli laptop atau komputer baru. Ini juga merupakan opsi yang bisa Anda pilih jika Anda merasa rugi memperbaiki perangkat tersebut mengingat harga komponennya sendiri sangatlah mahal.

Belum lagi Anda juga harus membayar teknisi apabila Anda tidak mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai hal ini. Bahkan ada sebagian referensi yang menyebutkan bahwasanya apabila kerusakan mainboard itu sudah fatal, memang sangat disarankan untuk membeli laptop atau komputer baru dibandingkan dengan memperjuangkan perangkat yang sudah ada.

Hal ini dikarenakan apabila dihitung kembali antara keuntungan memperbaiki mainboard yang rusak dengan kerugiannya, masih lebih banyak kerugiannya terutama dari segi waktu dan biaya. Jadi, kalau memang mainboard Anda rusak dan kondisi finansial Anda memungkinkan untuk membeli laptop atau komputer yang baru, silahkan Anda beli yang baru saja.

Oke, itu dia 3 hal yang dapat Anda lakukan apabila mainboard yang ada di dalam perangkat Anda sedang mengalami masalah. Ingatlah untuk menggunakan laptop atau komputer sewajarnya saja sesuai dengan spesifikasi-nya supaya perangkat Anda tersebut dapat awet dan bertahan lama.