4 Cara Efektif Meningkatkan Pagerank Blog/Website

Tren bloging memang tengah naik daun saat ini. Blog tidak sekadar digunakan untuk menulis “unek-unek”, melainkan sudah beralih untuk kepentingan yang lebih serius, yaitu sebagai media informatif yang bermanfaat bagi pembaca.

Umumnya para blogger membangun blog untuk menyampaikan gagasan, pengetahuan, dan informasi. Bahkan, banyak kalangan yang sudah memonetisasi blog dan menjadikannya lahan mencari uang.

Aktivitas berbisnis di internet dengan menggunakan blog yang kemudian dikenal dengan istilah blog monetizing, akhir-akhir ini memang semakin banyak ditekuni oleh para pengguna internet. Salah satu lahan yang banyak ditekuni untuk meraup dolar melalui internet adalah melalui lahan paid links (jual-beli link).

Berbeda dengan PPC (Paid per click) atau afiliasi, dalam bisnis jual-beli link, Anda hanya perlu menyediakan sedikit tempat di blog untuk mendapatkan penghasilan tetap—tanpa bergantung pada jumlah klik atau jumlah penjualan produk afiliasi. Kelebihan lain, bisnis jual-beli link juga dapat dijalankan bersamaan dengan bisnis lainnya dalam satu blog.

Dalam hal ini, link yang mengarah ke sebuah halaman situs dianggap sebagai referensi. Dan semakin banyak link yang menuju ke sebuah halaman, maka semakin populer pula halaman tersebut.  Dengan asumsi bahwa banyaknya referensi menunjukkan konten atau isi halaman tersebut lebih berkualitas dari halaman-halaman lain. Tentunya, kualitas sebuah halaman ini pun akan berpengaruh terhadap posisinya dalam hasil pencarian di mesin pencari (search engine).

Biasanya, metode yang digunakan oleh mesin pencari (Google, Yahoo!, Bing, dll) untuk menentukan popularitas sebuah halaman dikenal dengan istilah pagerank. Pagerank ini biasanya ditentukan dengan menghitung jumlah inbound link (link dari halaman lain yang mengarah ke halaman sebuah situs) dan outbound link (link dari halaman situs yang mengarah ke halaman lain).

Bagaimana cara untuk Meningkatkan Pagerank Blog?

 

1. Membuat Konten Yang Berkualitas

 

Membuat Konten Yang Berkualitas

Jika tulisan (konten) yang Anda publikasikan cukup menarik dan berkualitas, maka pemilik situs web dan blog lain yang tertarik dengan tulisan Anda akan mereferensikan tulisan tersebut di blog/web mereka. Referensi-referensi tersebut tentunya dapat menambah koleksi backlink bagi blog Anda. Jadi, publikasikan tulisan-tulisan baru secara berkala sehingga pengunjung dan mesin pencari rajin mengunjungi blog Anda.

Selain memublikasikannya di blog, Anda pun bisa membuat dan mengirimkan artikel ke situs article directory. Jangan lupa untuk mencantumkan link menuju blog Anda sehingga saat artikel tersebut dipublikasikan, blog Anda juga akan mendapatkan backlink gratis.

Beberapa situs article directory yang dapat dijadikan media untuk menyebarkan artikel dan link blog Anda di antaranya seperti goarticles.com, isnare.com, articlecity.com, dan lainnya.

Untuk bisa mengisi blog secara berkala dan konsisten, Anda tentu membutuhkan kuota  internet yang memadai. tidak hanya memperbarui kontennya, tetapi juga mengawasi dan merespons setiap komentar dan pertanyaan yang muncul. Itu sebabnya, secara mobile, Anda juga harus melengkapi diri dengan paket data internet dan jangan sampai lupa untuk mengisi pulsa general yang nantinya bisa dikonversi menjadi paket data.

Pulsa general mudah didapatkan, Anda bisa membelinya di konter-konter penjualan pulsa, di ATM, atau di aplikasi online seperti Traveloka. Ya, saat ini Anda tidak hanya bisa membeli tiket dan mencari penginapan murah, tetapi bisa juga membeli pulsa di Traveloka. Tentu, dengan jaminan “mudah, cepat, dan aman”.

2. Mendaftarkan Blog Di Direktori Web

Mendaftarkan Blog Di Direktori Web

Anda dapat memanfaatkan situs Direktori Web ini sebagai pemberi backlink dengan mendaftarkan blog Anda di situs tersebut. Biasanya, Direktori Web (web directory) akan memuat daftar situs web yang dikelompokkan berdasarkan kategori.

Yang perlu Anda pahami, Direktori Web menerapkan syarat yang berbeda dalam menerima pendaftaran situs web/blog; ada yang mewajibkan pendaftar membayar iuran tertentu, memberlakukan sistem lelang, dan lain sebagainya. Maka carilah Direktori Web yang gratis dan tidak menambahkan atribut nofollow untuk membantu meningkatkan pagerank blog Anda.

3. Melakukan Blogwalking

Melakukan Blogwalking

Blogwalking adalah istilah untuk aktivitas mengunjungi blog lain. Aktivitas ini biasanya dilakukan dengan meninggalkan jejak berupa komentar pada tulisan di blog yang dikunjungi. Biasanya, dalam form pengisian komentar terdapat kolom untuk mencantumkan URL yang nantinya akan menjadi link pada nama pemberi komentar.

Namun, hampir semua engine blog menggunakan atribut nofollow pada link komentar untuk mencegah maraknya komentar spam. Lalu, bagaimana agar komentar dan aktivitas blogwalking bisa membantu meningkatkan pagerank?

Caranya adalah dengan mencari blog dofollow dan memberi komentar di blog tersebut. Blog dofollow adalah blog yang dimodifikasi—biasanya menggunakan plugin atau dengan menyunting tema blog dan menghilangkan atribut bawaan nofollow—sehingga  pemberi komentar yang mencantumkan URL-nya akan mendapat backlink.

Namun perlu ingat juga bahwa fasilitas komentar sejatinya ada untuk menjalin interaksi dan komunikasi, bukan hanya semata-mata untuk menyebar link atau mencari backlink. Jadi, usahakan berikan komentar yang sesuai dengan topik, dan sampaikan masukan atau pendapat Anda mengenai topik tersebut dengan cara yang sopan.

Selain berkomentar, cara lain yang juga bisa Anda terapkan adalah dengan melakukan link exchange atau pertukaran link. Biasanya, ini berlaku bagi para pemilik web/blog yang memiliki kesamaan dalam hal topik/tema konten.

4. Memanfaatkan Situs Sosial Bookmarking

Memanfaatkan Situs Sosial Bookmarking

Situs social bookmarking adalah situs web yang memberikan fasilitas untuk membagikan, mengatur, dan menyusun bookmark secara online. Bookmark sendiri adalah fasilitas menandai halaman situs tertentu agar dapat dikunjungi lagi sewaktu-waktu. Fitur bookmark ini merupakan fitur dasar dalam perangkat lunak web browser seperti internet explorer, firefox, opera dan lain sebagainya.

Namun, selain pada web browser, pengguna internet juga dapat mem-bookmark halaman sebuah situs secara online di situs social bookmarking. Daftar bookmark tersebut dapat disusun dan dibagikan kepada pengguna lain. Dan Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk menyebar backlink.  Situs social bookmarking yang bisa anda manfaatkan di antaranya seperti wikio.com, propeller.com, reddit.com, spotback.com, dll.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan pagerank blog Anda. Selamat mencoba!

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, Tips dan Trik