4 Cara Memproteksi Windows 8.1

Seiring meningkatnya kepopuleran Windows 8.1 banyak user PC dan Notebook yang menggunakan sistem operasi Windows 8.1 ini, OS dari Microsoft ini memang dirancang untuk Notebook layar sentuh dengan tampilan Metro UI nya.

Windows 8.1 menerapkan dalam hal keamanan melalui online, jadi akan selalu ada update tambahan untuk keamanan bagi mengaktifkan Windows Update nya. Untuk menikmati hal itu maka komputer / notebook Anda harus terhubung ke Internet. Lalu apa saja 4 Cara Memproteksi Windows 8.1? Berikut ulasannya.

1. Akftifkan Windows Update

Problemnya adalah masih banyak pengguna yang tidak mengaktifkan Windows Update ini, karena berbagai macam alasan, seperti: koneksi internet yang tidak memadai (lemot), konfigurasi update pada saat reboot yang memakan waktu, takut terditeksi bajakan (nah loh).

Padahal penting untuk mengaktifkan Windows Update, kenapa? Karena Microsoft selalu menambahkan pembaruan melalui Windows Update, pembaruan itu seperti fitur keamanan, pembaruan sistem operasi dan macam hal lainnya yang membuat sistem operasi windows 8.1 Anda tidak ketinggalan.

cara mengaktifkan windows update

Untuk mengaktifkan Windows Update ini caranya cukup mudah, yaitu melalui Control Panel dan klik Windows Update, Anda bisa melakukan check for updates untuk melihat updatean terbaru atau membuat update otomatis.

2. Login ke Microsoft Accounts

Microsoft Akun ini berfungsi untuk mengsinkronisasikan akun Anda ke dalam sistem operasi Windows. sama halnya seperti Android dan iOS. Selain itu melakukan login ke Microsoft akun dapat melakukan unduhan dari Windows Store, dan juga jangan lupa untuk memasukan nomor telpon Anda yang aktif, hal ini berguna sebagai sarana lupa password akun Anda

3. Gunakan Anti-Virus

windows defender

Microsoft sendiri telah menydiakan antivirus gratis bawaan Windows 8.1, yaitu Windows Defender. Antivirus dari Microsoft ini sudah terbilang cukup baik, karena mudah digunakan dan fitur notifikasi yang sederhana, lalu fitur lainnya yang sangat berguna yaitu “Clean System” fungsinya adalah membersihkan komputer dari virus hanya dengan satu klik. Jika Anda kurang suka dengan Windows Defender Anda dapat menggunakan antivirus lainnya.

Baca juga: 4 Antivirus Terbaik

4. Aktifkan Firewall

Firewall adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman. Secara mendasar firewall berfungsi untuk mengontrol lalu lintas jaringan, melakukan autentikasi terhadap akses, melindungi sumber daya dalam jaringan privat Mencatat semua kejadian, dan melaporkannya kepada administrator

Untuk mengaktifkannya yaitu dengan cara membuka Control Panel dan klik pada Windows Firewall.

Itu tadi 4 cara melakukan keamanan pada Windows 8.1, Anda dapat mempraktekannya pada Windows 8 Anda, semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Tips dan Trik, Windows