4 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Laptop Jatuh

Benda elektronik apapun selalu memberikan manfaat yang luar biasa pada para pemiliknya, termasuk laptop dan notebook. Dan salah satu hal yang tidak boleh dilakukan oleh user kepada dua benda yang dimaksud adalah membanting nya ke lantai. Larangan ini diberikan supaya dua benda tersebut tidak lekas rusak. Lalu bagaimana jika notebook atau laptop jatuh dengan sendirinya tanpa disengaja?

Apabila Anda mengalami hal ini, tidak perlu panik ataupun stres karena selalu ada kemungkinan laptop atau notebook jatuh tersebut masih bisa diselamatkan. Tetaplah tenang, ambil kembali laptop atau notebook yang jatuh itu dengan hati-hati, kemudian lanjutkan dengan melakukan 4 hal berikut ini.

Lakukan 4 Hal Ini Setelah Laptop Jatuh

Periksa Bagian Luar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa bagian luar laptop atau notebook kalau-kalau ada bagian yang retak atau bahkan pecah. Biasanya bagian yang rentan mengalami hal ini adalah badan dan layarnya. Silahkan Anda buka laptop dengan sangat hati-hati untuk mengeceknya. Kemudian gunakan senter atau alat lainnya untuk melihat bagian port.

Silahkan Anda cek dengan teliti untuk memastikan bahwa tidak ada sambungan atau kerusakan pada bagian dalam port. Jika ternyata bagian ini mengalami kerusakan, Anda hanya punya dua pilihan, yakni tetap menggunakan laptop tersebut atau mengganti motherboard-nya, mengingat port ini adalah bagian dari motherboard, jadi kalau port-nya rusak, maka bisa dipastikan motherboard juga rusak.

Periksa Power

Laptop atau notebook yang jatuh dalam kondisi terbuka biasanya tingkat kerusakannya lebih parah dibandingkan dengan laptop atau notebook yang jatuh dalam kondisi mati dan tertutup. Jadi, jika laptop atau notebook Anda mati tiba-tiba setelah jatuh dalam kondisi hidup, cobalah nyalakan lagi.

Apabila Anda mendengar adanya suara aneh pada saat laptop atau notebook dinyalakan lagi seperti suara ketukan atau yang lainnya, silahkan Anda coba matikan lagi, lalu hidupkan kembali. Ini biasanya menjadi pertanda bahwasanya RAM mengalami kerusakan. Jika suara tersebut tak kunjung hilang, sebaiknya Anda segera membawanya ke teknisi saja.

Periksa Layar

Jika dilihat sepintas dari luar, layar laptop atau notebook terkadang tidak tampak mengalami masalah. Akan tetapi Anda harus tetap curiga bahwa layar tersebut mungkin saja mengalami kerusakan pada bagian piksel-nya. Karenanya setelah laptop atau notebook Anda terjatuh, silahkan hidupkan kembali lalu perhatikan apakah ada gangguan pada layar seperti retakan, garis horizontal, garis vertikal dan bintik hitam.

Mengenai yang terakhir, yakni bintik hitam biasa disebut sebagai death pixel. Jika laptop atau notebook Anda mempunyai hal ini setelah jatuh, sangat disarankan untuk Anda menggantinya dengan layar yang baru karena yang namanya death pixel sekecil apapun itu dapat berubah menjadi lebih besar.

Perhatikan Sistem Operasi

Jika pada saat Anda menyalakan kembali laptop atau notebook yang jatuh tersebut ternyata proses booting-nya gagal, ada kemungkinan terjadi masalah pada hardisk. Jika memang ini yang terjadi, segera install ulang sistem operasi laptop Anda. Tindakan menginstal ulang ini memang berdampak pada hilangnya beberapa data Anda, akan tetapi ini adalah hal yang perlu Anda tempuh karena tidak ada lagi cara yang lainnya.

Nah, apabila setelah jatuh laptop Anda tetap menyalam seperti biasanya akan tetapi sering mengalami hang, Anda bisa curiga bahwa bagian hardisk mengalami bad sector. Jadi, sebelum terlambat, silahkan Anda backup data Anda di tempat yang lainnya supaya lebih aman mengingat hardisk ini biasanya akan rusak secara total.

Itulah 4 hal yang bisa Anda lakukan setelah laptop jatuh, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Untuk meminimalisir resiko jatuhnya laptop atau notebook ini, sebaiknya Anda memegangnya dengan sangat erat dan letakkan di tempat yang aman.