4 Kebiasaan Charge yang Bisa Membuat Baterai Smartphone Cepat Rusak

Selain pulsa dan koneksi internet,  baterai smartphone juga adalah salah satu hal yang diperlukan agar smartphone bisa menyala dan berfungsi dengan baik. Sesuai dengan julukannya, smartphone ini mempunyai sejumlah kelebihan dibandingkan dengan ponsel biasa. Namun sayangnya, berbagai kelebihan yang dibawanya tersebut mengkonsumsi daya baterai yang lebih banyak.

Jika ponsel biasa cukup di-charge setiap beberapa hari sekali, hal tersebut tidak berlaku pada smartphone yang rata-rata hampir setiap hari selalu di-charge karena intensitas pemakaiannya yang lumayan tinggi. Karena hal tersebut baterai menjadi bekerja ekstra sehingga kita sebagai pemilik harus pandai merawatnya. Salah satunya adalah dengan menghentikan 4 kebiasaan buruk yang ada di bawah ini.

4 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan saat Charge Baterai Smartphone

Charge Menggunakan Powerbank atau PC dan Laptop

Powerbank atau portable charger sering dianggap sebagai penolong saat baterai ponsel sedang low dan butuh diisi. Sangat disarankan agar Anda tidak menggunakan benda yang satu ini kecuali jika memang benar-benar terpaksa karena powerbank itu kurang dapat menyesuaikan daya yang masuk.

Berbeda dengan charge menggunakan via listrik, powerbank ini terkadang tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone, apalagi jika powerbank tersebut kualitasnya rendah. Sebaiknya Anda juga tidak charge smartphone dengan menggunakan PC atau laptop sekalipun dengan menggunakan kabel data yang asli.

Membiarkan Baterai Kosong Terlalu Lama

Biasanya akan muncul notifikasi apabila baterai perlu diisi. Sesibuk apapun sebaiknya Anda segera charge smartphone apabila notifikasi tersebut sudah muncul di layar. Jangan dibiarkan apalagi sampai baterai kosong. Apabila Anda tidak menghiraukan hal ini, bisa dipastikan ketahanan baterai akan menurun secara perlahan.

Logikanya begini, saat dalam kondisi kosong, sel baterai bisa dikatakan tidur. Nah, apabila baterai yang sedang tidur ini tidak lekas-lekas dibangunkan, maka besar kemungkinan sel baterai tersebut akan kehilangan kemampuannya dalam menyerap daya dari charger. Berdasarkan hasil riset, disebutkan bahwasanya pengisian daya terbaik saat baterai ada di bawah 40%, sekitar 15% hingga 35%.

Dicharge Semalaman

Membiarkan smartphone dicharge semalaman adalah hal ekstrem yang sangat berbahaya bagi kesehatan baterai. Jika pada poin sebelumnya Anda disarankan untuk tidak membiarkan baterai kosong terlalu lama, hal yang sama juga berlaku saat Anda men-charge-nya.

Artinya adalah apabila baterai sudah terisi penuh 100%, sebaiknya segera cabut smartphone, karena membiarkannya dicharge dalam kondisi penuh terlalu lama bisa membuat usia baterai juga pendek.

Gunakan Charger Sembarangan

Menggunakan charger secara sembarangan juga bisa membawa dampak yang tidak baik bagi baterai smartphone. Hal ini dikarenakan charger mempunyai spesifikasi khusus yang memang disesuaikan dengan kapasitas baterai dan jenis perangkat. Penggunaan charger yang spesifikasi-nya tidak sesuai smartphone dan baterai bisa membuat kinerja baterai menjadi menurun.

Setidaknya 4 hal itulah yang harus Anda hindari jika ingin baterai tahan lama. Larangan lainnya yang juga perlu Anda perhatikan adalah jangan mainkan smartphone Anda saat sedang dicharge karena ini bisa membuat baterai lekas mengembang.

Bagikan...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter



, Berita Teknologi, Gadget