5 Hal yang Membuat Flashdisk Cepat Rusak

Flashdisk adalah media penyimpanan external yang berfungsi untuk menyimpan data. Banyak orang menggunakan flashdisk karena flashdisk memiliki ukurannya yang mungil, mudah dibawa dan dibarengi dengan kapasistas yang cukup.

Bagi penikmat data besar biasanya menggunakan harddisk external, namun jika keperluan hanya untuk office dan lain-lain yang tidak terlalu membutuhkan kapasitas besar seperti harddisk, flashdisk adalah jawabannya. Para pengguna flashdisk ini memiliki cara atau sifat untuk merawat flashdisk nya, tapi taukah Anda, ada beberapa hal yang membuat flashdisk cepat rusak, apa saja itu? Mari simak ulasannya.

Hal yang Membuat Flashdisk Cepat Rusak

Jauhkan Flashdisk dari Magnet

Tidak hanya flashdisk, semua barang elektronik sebaiknya dijauhkan dari benda yang memiliki gelombang magnet, benda itu termasuk televisi, smartphone, pengeras suara dan benda-benda lainnya yang mengandung magnet. Untuk melakukan penyimpanan flashdisk lebih baik taruh di laci atau gantungkan flashdisk dengan tali.

Eject Flashdisk Setelah Digunakan

Terdapat pro dan kontra akan hal ini. Ada yang bilang setelah menggunakan flashdisk harus dieject terlebih dahulu, dan ada yang bilang tidak perlu melakukan eject pada flashdisk setelah digunakan. Baiknya kita melakukan eject karena dikhawatirkan flashdisk sedang beroperasi seperti copy-paste, installasi atau membuka file dari flashdisk tersebut. Eject flashdisk setelah digunakan juga menghindari corrupt atau kerusakan data.

Perhatikan Perawatannya

Terkena air, terjatuh atau terkena benturan keras dan disimpan di tempat yang panas merupakan musuh bagi perawat flashdisk, jangan sampai flashdisk Anda mendapatkan masalah tersebut.

Scan Virus

Salah satu manfaat dari flashdisk yaitu berbagi data dari user ke user, sehingga kita harus mencolokan flashdisk dari komputer ke komputer lainnya. Perlu diperhatikan, sebelum mencolok flashdisk Anda pastikan komputer tersebut memiliki Anti Virus yang canggih dan lakukan scanning terlebih dahulu.

Tutup Socket Flashdisk

Jika flashdisk yang Anda gunakan memiliki tutup socketnya, lebih baik tutup socket flashdisk dengan pelindung yang tersedia saat tidak digunakan, hal ini dapat menghindari debu yang masuk ke dalam flashdisk.

Itu tadi ke 5 hal yang membuat flashdisk cepat rusak atau tidak awet, jadilah user yang smart dalam melalukan perawatan flashdisk, sehingga flashdisk Anda awet dan tahan lama, semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware