5 Alasan WiFi Sering Lemot dan Bagaimana Kiat Mengatasinya

Alasan WiFi sering lemot ada banyak sekali faktor yang menyebabkannya. Kerapkali kita sebagai pengguna juga tidak sadar kenapa WiFi sering lemot. Tau-tau, koneksi terasa sangat lamban dan membuat kita jengkel. Mungkin saja aktivitas seperti mengecek email atau komunikasi menjadi terhambat.

Sebenarnya jika kita teliti lebih jauh, ada banyak sekali alasan kenapa WiFi sering lemot. Dan butuh tips agar hal tersebut bisa diatasi dan koneksi WiFi bisa lancar kembali. Misal saja karena provider WiFi yang memang sedang mengalami kendala, atau router yang bisa jadi sedang error pula.

Selain kedua faktor yang tak bisa dikendalikan tadi, ada faktor lain yang mungkin bisa dikendalikan olehmu. Apa saja itu?

1. Alasan WiFi sering lemot: mengunduh file berukuran sangat besar

Alasan WiFi Sering Lemot

Mengunduh file dalam kapasitas yang sangat besar dapat memperlamat koneksi WiFi. Memang asyik kalau kita bisa mengunduh film, game, atau video dari artis favorit atau serial drama favorit. Namun, hal ini menjadi alasan WiFi sering lemot, yakni file yang diunduh terlalu besar.

Ketika kita mengunduh file dalam ukuran besar, maka sinyal WiFi akan memusatkan atau mengalokasikannya kepada jaringan yang sedang mengunduh file tersebut. Jadi, sinyal akan berfokus untuk menyelesaikan unduhan file tersebut. Jadi, jangan heran apabila teman sedang mengunduh file besar, jaringan WiFi jadi lamban.

2. Orang yang menggunakannya terlalu banyak

Alasan WiFi Sering Lemot

Alasan WiFi sering lemot yang berikutnya adalah terlalu banyak orang yang menggunakan koneksi WiFi tersebut. Apabila WiFi menggunakan router, wajar saja apabila makin banyak orang yang dapat menyambungkan koneksi. Hal ini tentu akan membagi koneksi dan sinyal menjadi beberapa bagian sejumlah orang tersebut.

Karena itulah, jika orang yang menggunakan koneksi terlalu banyak, maka kecepatan akan menurun. Sebaliknya, apabila yang menggunakan sedikit, koneksi akan semakin cepat. Sarannya, beri password di koneksi WiFi milikmu. Apabila menggunakan jaringan publik, ya kamu harus bersabar. Hehehe

3. Letak router tidak tepat

Alasan WiFi Sering Lemot

Posisi atau letak router bisa menjadi alasan WiFi sering lemot. Sebab, letak router sangat mempengaruhi kecepatan WiFi yang digunakan. Apabila router yang digunakan terletak berdekatan dengan alat elektronik lainnya, maka akan mengakibatkan gelombang elektromagnetik dapat mengganggu sinyal internet.

Letak router yang berdekatan dengan jendela juga bisa menjadi kendala. Sebab jendela akan menarik sinyal yang mengakibatkan sinyal WiFi menjadi terbagi. Koneksinya pun akan menurun. Solusinya, letakkan router di ruang terbuka dan terlihat dari sisi manapun, serta jauhkan alat-alat elektronik.

4. Kabel LAN putus

Alasan WiFi Sering Lemot

Apabila kabel LAN putus, maka koneksi pun akan menurun karena tidak bisa menyambungkan sinyal dari luar ke router. Dan ini menjadi salah satu alasan WiFi sering lemot berikutnya. Karena itu, apabila koneksi sedang lamban, coba cek bagian kabel LAN.

Apakah sudah terhubung atau belum, dan apakah dalam kondisi yang baik atau terputus. Jika kamu kurang paham, maka coba panggil teknisi dari provider yang kamu gunakan. Mereka biasanya sigap untuk memperbaiki kabel LAN yang terputus yang mengakibatkan koneksi menjadi lamban.

5. Koneksi internet memang sedang bermasalah

Alasan WiFi Sering Lemot

Alasan WiFi sering lemot yang terakhiri di artikel ini adalah koneksi internet memang sedang bermasalah. Apabila kamu merasakan koneksi menjadi sangat lamban, kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu dengan menyambungkan kabel Ethernet ke perangkat komputer atau laptop.

Cek kecepatan internetnya dan jika tidak normal maka bisa jadi sedang ada masalah dengan jaringan internet dari provider. Hal ini memang kerap terjadi karena kondisi internet di Indonesia juga masih belum maksimal. Baik dari segi sinyal maupun infrastruktur yang ada di negeri tercinta ini.

Itulah tadi ulasan singkat tentang alasan-alasan kenapa koneksi WiFi menjadi lamban dan bagaimana trik mudahnya untuk mengatasi masalah tersebut. Karena mungkin WiFi jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan jika kita harus mengisi pulsa dan membeli paket data internet. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Bagikan...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter



, , Tips dan Trik