Bagaimana Cara Menghilangkan Bloatware Di Komputer

Anda mungkin pernah bermasalah dengan bloatware di komputer. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa memenuhi layar komputer dan mengkonsumsi banyak sekali memori. Jika RAM dipakai oleh program-program yang tidak anda butuhkan, ini bisa mempengaruhi kinerja perangkat komputer anda. Masalah ini tidak hanya melanda komputer saja, namun perangkat yang menjalankan Sistem Operasi Android juga rentan terkena masalah ini.

Bagaimana Cara  Menghilangkan Bloatware Di Komputer

Cara software tersebut bekerja benar-benar sangat mengganggu karena mereka menghabiskan banyak memori. Lalu, bagaimana bloatware bisa sampai pada perangkat anda? Tentu saja harus ada yang menginstal. Seringnya terhubung dengan internet bisa menjadi salah satu pemicunya. Pengembang aplikasi memakai cara ini untuk memperkenalkan produk mereka kepada user komputer, tentu saja dengan cara yang sedikit memaksa.

Berbeda dengan Windows, bloatware pada Android tidak begitu menyita resource terkait dengan cara kerja dari sistem operasi tersebut. Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah untuk menghilangkan bloatware dari komputer anda.

Program Windows 8

  1. Pertama hidupkan komputer hingga semua program terload secara sempurna
  2. Cari folder dari program yang ingin dihapus, tekan tombol uninstall
  3. Ikuti saja instruksi yang muncul dan tekan next atau agree pada bagian-bagian tersebut. Jika program memiliki instruksi dalam Bahasa Inggris, maka baca secara seksama agar anda melakukan proses uninstalasi secara tepat.
  4. Setelah selesai, ulangi mencari program lain yang menganggu kenyamanan anda. Temukan foldernya, lalu tekan tombol uninstall yang terdapat disana.

Ada pula cara alternatif, yakni memakai menu di control panel. Silakan temukan menu programs and features. Anda juga bisa melakukan pencabutan instalasi dari sana.

Program Windows 7

Untuk sistem operasi Windows 7 juga sama. Jika anda ingin lebih praktis, cari saja menu Programs And Features karena disana anda bisa melakukan pencopotan instalasi banyak program sekaligus.

Aplikasi Android

Untuk Aplikasi Android, anda perlu lebih berhati-hati karena instalasi program-program tertentu bisa memicu ketidakstabilan di dalam sistem. Jika anda sudah yakin dengan aplikasi yang dimaksud, masuk saja ke menu aplikasi > setting > kemudian cari aplikasi bersangkutan dan pilih opsi hapus instalasi. Alternatif lain adalah dengan membekukan aplikasi bloatware tersebut, salah satunya adalah dengan memakai Titanium backup.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik