Berikut Layanan-layanan pada Sistem Telematika

Sistem telematika memiliki 4 layanan, layanan tersebut dihubungkan melalui jaringan telekomunikasi yang disediakan melalui perpaduan komunikasi, media dan teknologi informasi. Apa saja layanan tersebut? Berikut ulasan Layanan pada Sistem Telematika:

Ketahui Penyebab yang Mempengaruhi Kecepatan Internet

1. Layanan Telematika di Bidang Informasi

Seperti yang kita ketahui informasi sangat bermanfaat dan jika dimanfaatkan dengan baik informasi dapat dijadikan sebagai penunjang keputusan serta dapat menambah wawasan. Layanan telematika di bidang informasi memberikan kita akses mudah untuk mendapatkan berbagai informasi

Contoh layanan telematika di bidang informasi:

  1. Portal berita
  2. Media hiburan dan informasi seperti youtube
  3. Informasi jalan raya / cuaca
  4. dll

2. Layanan Telematika di Bidang Kemanan

Layanan keamanan memberikan fasilitas keamanan dalam menjaga suatau data dan informasi pada keamanan jaringan. Keamanan merupakan hal yang sangat penting untuk melindungi privasi kita serta mengantipasi kemungkinan terburuknya ketika jaringan berhasil diretas. Keamanan jaringan di sini adalah memberikan peningkatan tertentu untuk jaringan. Peningkatan keamanan jaringan ini dapat dilakukan terhadap:

  • Rahasia (privacy)
    Dengan banyak pemakai yang tidak dikenal pada jaringan menebabkan penyembunyian data yang sensitive menjadi sulit.
  • Keterpaduan data (data integrity)
    Karena banyak node dan pemakai berpotensi untuk mengakses system komputasi, resiko korupsi data adalah lebih tinggi.
  • Keaslian (authenticity)
    Hal ini sulit untuk memastikan identitas pemakai pada system remote, akibatnya satu host mungkin tidak mempercayai keaslian seorang pemakai yang dijalankan oleh host lain.
  • Convert Channel
    Jaringan menawarkan banyak kemungkinan untuk konstruksi convert channel untuk aliran data, karena begitu banyak data yang sedang ditransmit guna menyembunyikan pesan.

Contoh layanan keamanan: Anti virus, internet security, firewall, panggilan darurat dan lain-lain

3. Layanan Telematika Context Aware & Event Based

Context-awareness merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan yaitu data dasar user, lokasi user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.

Contoh dari layanan telematika context aware & event based: Location-based service (mencari data lokasi dimana posisi keberadaan user sekarang berada) dan Google maps

4. Layanan Perbaikan Sumber

Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.

Kebutuhan akan SDM dapat dilihat dari bidang ekonomi dan bidang politik, yaitu :

  • Dilihat dari bidang ekonomi
    Pengembangan telematika ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, berupa peningkatan kapasitas industry produk barang dan jasa.
  • Dilihat dari bidang politik
    Bagaimana telematika memberikan kontribusi pada pelayanan public sehingga menghasilkan dukungan politik.

Dari kedua bidang tersebut diatas kebutuhan terhadap telematika akan dilihat dari dua aspek, yaitu :

  • Pengembangan peningkatan kapasitas industry.
  • Pengembangan layanan publik.

Sasaran utama dalam upaya pengembangan SDM telematika yaitu sebagai berikut :

  • Peningkatan kinerja layanan public yang memberikan akses yang luas terhadap peningkatan kecerdasan masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi sebagai katalisator pembangaunan.
  • Literasi masyarakat di bidang teknologi telematika yang terutama ditujukan kepada old generator dan today generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh Tapscott.

Contoh layanannya: Yellow pages (buku petunjuk)

Kelebihan Layanan Telematika

  1. Masyarakat dapat merasakan pemerataan teknologi yang bisa menjadikan masyarakat menjadi  lebih banyak tahu akan ilmu karena mudahnya mengakses internet.
  2. Masyarakat tidak perlu kuatir lagi jika data atau akun serta passwordnya di ambil dan di salah gunakan oleh orang lain,karena sudah ada layanan keamaan di telematika.
  3. Layanan telematika sangat baik dan efektif digunakan untuk masyarakat karena dapat mempermudah segala sesuatu yang dulunya bersifat manual menjadi digital.
  • Kerugian Telematika
  1. Berkurangnya interaksi antar sesame manusia.
  2. Banyaknya pengetahuan tentang cara merugikan orang lain,seperti menjadi cracker.
  3. Banyaknya iklan-iklan atau situs-situs yang menyediakan konten 18+ yang bisa di akses oleh siapa saja tanpa ada batasan umur sehingga pola pikir anak jadi terganggu atau menjadi dewasa sebelum waktunya

Saran:

Layanan telematika sangat berguna jika dimanfatkan dengan baik agar dapat digunakan secara efektif untuk masyarakat dalam mempermudah pekerjaannya. Namun untuk penerapannya harus diperhatikan dari sisi positif dan negatifnya dari sisi pengguna, dan juga masih ada kemungkinan celah keamanan informasi yang masih rentan. Dengan perkembangan teknologi masa sekarang, maka diharapkan penggunaan layanan telematika dapat lebih luas dan dapat dimaksimalkan.

sumber blogspot.com

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Sharing