Cara Aman Charger Handphone

Tidak sedikit kejadian seputar Handphone yang terbakar bahkan meledak dikarenakan charger handphone yang tidak aman. Penyebabnya bermacam-macam seperti baterai yang tidak cocok dengan handphone atau terus-terusan dicharger padahal baterai sudah penuh.

sumber foto: CNN
sumber foto: CNN

Berikut tips Cara Aman Charger Handphone:

1. Set timer saat Anda melakukan charger handphone, pada steker atau colokoan listrik terbaru saat ini sudah terdapat fitur timer yang bisa Anda set waktunya untuk memutus aliran listrik secara otomatis. Jika Anda belum memiliki steker atau colokan listrik berfitur timer Anda dapat mencarinya di toko elektronik.

2. Saat ingin men-charge handphone Anda, perhatikan terlebih dahulu daya baterainya, charge lah handphone Anda saat baterai sudah kuning, jangan menunggu sampai baterai benar-benar habis (x).

3. Ketika baterai handphone Anda sudah penuh segera lepas atau cabut charger dari handphone Anda. Biasanya proses men-charge handphone adalah tiga jam, tergantung pada jenis kapasitas baterai handphone tersebut, semakin besar kapasitas baterai itu sendiri maka semakin lama waktu men-chargenya.

4. Jika dibutuhkan charger tambahan, pastikan sesuai dengan handphone Anda, jika tidak sesuai maka bisa merusak perangkat Anda. misalnya, baterai perangkat 2 Ampere maka jangan menchargernya dengan perangkat pendukung yang kapasistasnya di atas atau di bawah 2 ampare.

5. Bacalah user guide pada kotak yang Anda dapatkan saat membeli handphone, supaya Anda mengetahui ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan saat menggunakan handphone.

Nah itu tadi tips Cara Aman Charger Handphone. Gunakanlah handphone Anda dengan bijak sehingga tidak terlalu sering men-charger handphone, ada waktunya Anda harus mengganti baterai Anda jika kondisi ketahannya berkurang bisa jadi baterai handphone Anda bocor, dan harus diganti dengan baterai baru.

Baca juga: Cara Menangani Handphone yang Tidak Dapat di Charger

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Gadget, Tips dan Trik