Cara Back Up dan Restore Data di Android

Bangbiw.com – Jika kita memiliki smartphone berplatform Android yang didalamnya terdapat beragam data penting, melakukan back up tentunya sangat vital untuk dilakukan. Back up adalah suatu cara untuk mengcopy data menjadi 2 file dan disimpan ke tempat lain seperti SD card, laptop atau media penyimpanan online.

Hal ini demi menghindari kejadian-kejadian tak terduga apabila ponsel mengalami kerusakan, melakukan custom ROM, flashing, upgrade software atau hal apapun yang dapat membuat sistem pada perangkat Android kita berubah dan menyebabkan risiko kehilangan data. Sedangkan restore adalah mengembalikan data yang telah di back up ke tempat semula, singkatnya hanya tinggal di copy paste.

Cara back up dan restore data di Android

Untuk membuat back up dan restore data di Android bisa dilakukan dengan cara-cara seperti berikut.

Google back up

Bila ingin menyimpan data secara online, anda bisa menggunakan google back up yang sudah terintegrasi dengan akun google di perangkat Android anda. Cara mengaktifkannya dengan masuk ke menu pengaturan (setting), lalu pilih menu personal, setelah itu pilih back up dan reset. Kemudian anda bisa mencentang pilihan back up dan restore otomatis.

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah dengan kembali masuk ke menu pengaturan, lalu tekan menu personal dan pilih account dan sync. Pilihlah akun google di perangkat Android anda untuk memunculkan list data yang akan di sinkronisasikan ke google back up. Cara ini juga memerlukan beberapa aplikasi tertentu yang bsia anda unduh di google play store seperti SMS Backup atau My Phone Explorer.

Cara back up dan restore data di Android 2

Menggunakan komputer/laptop

Selain dengan back up secara online, anda juga bisa menyimpan data cadangan smartphone anda di dalam komputer atau laptop. Caranya pun cukup sederhana, yaitu dengan menghubungkan ponsel dengan kabel data (USB cable) untuk melakukan pemindahan data. Anda hanya perlu mengcopy paste file-file penting dalam ponsel ke dalam folder yang sudah disiapkan sebagai back up.

Aplikasi tambahan

Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Mybackup, Titanium Backup, Mobile Backup II, App Backup and reinstall atau My Phone Explorer yang bisa diunduh secara gratis di google play store. Aplikasi tersebut bukan hanya berfungsi sebagai backup saja tetapi juga menyimpan daftar kontak, riwayat panggilan, sms, office dan sebagainya.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Gadget, Tutorial