Cara Berbagi Custom URL Pendek Pada Android

Custom URL bukan hal yang baru lagi. Anda sendiri mungkin sudah sering melihat link URL dari bit.ly atau yang lainnya. Namun setelah diklik, URL tersebut mengantarkan kita pada link baru yang lebih panjang. Fungsi utama memendekkan URL adalah supaya lebih mudah untuk dikopi kemana saja. Selain itu, beberapa link shortener menyediakan fitur statistik, sehingga memudahkan kita untuk men-track berapa banyak link tersebut sudah diklik. Statistik tersebut bisa ditampilkan perhari, perminggu, bahkan perbulan.

Cara Berbagi Custom URL Pendek Pada Android

Sementara itu, bagi pemerhati SEO, memendekkan link dipercaya bisa berpengaruh positif terhadap website karena banyak orang beranggapan bahwa ini termasuk salah satu metode SEO yang efektif. Kita akan berbagi informasi tentang cara berbagi custom URL pendek pada Android. Untuk layanan yang gratis, link setelah dipendekkan biasanya terdiri atas huruf-huruf yang tidak bisa dibaca. Sementara jika anda upgrade ke fitur premium, struktur link bisa dibuat lebih mudah dibaca.

Saat memakai Smartphone Android, membuka link yang panjang sekalipun sebenarnya sangat mudah. Link pendek akan sangat berguna jika seseorang ingin mengetiknya langsung lewat papan keyboard. Tentu dengan link yang pendek, kita hanya perlu mengetik beberapa huruf saja, tidak harus direpotkan dengan deretan huruf dan angka yang tidak beraturan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti

  1. Pertama, buka Google Play Store, lalu cari salah satu aplikasi URL shortener.
  2. Install aplikasi pada Smartphone, lalu buka. Setelah itu masuk ke menu Settings. Berikutnya anda bisa memilih salah satu dari 6 provider link shortener yang tersedia. Kemudian anda juga bisa memilih apakah ingin menghidupkan fitur tracking atau tidak.
  3. Copy URL yang ingin dipendekkan, lalu paste-kan ke dalam aplikasi. Selanjutnya anda bisa memilih struktur link yang diinginkan. Goo.gl adalah salah satu yang paling digemari, namun layanan ini tidak mendukung format lain selain format standar. Anda juga bisa berbagi link memakai aplikasi tersebut. Namun untuk yang satu ini, tidak ada opsi untuk menentukan struktur URL. Service yang dipakai adalah service default sesuai dengan yang telah ditentukan sebelumnya. Cara ini relatif lebih cepat dan anda bisa berbagi link dengan mudah ke aplikasi lain.

Itu tadi cara berbagi custom URL pendek pada Android. Semoga membantu.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, Tips dan Trik