Cara Buat Paspor Secara Online Sampai Pengambilan Paspor Selesai

Pengurusan untuk pembuatan paspor biasanya kita diharuskan datang ke kantor Imigrasi setempat untuk membuat paspor, mengantre lalu mengisi berkas untuk pendataan. Namun seiring kemajuan teknologi, sejak tanggal 27 Januari 2014 pemerintah memberlakukannya untuk pembuatan paspor online.

Keuntungan dari pembuatan paspor secara online adalah kita tidak perlu mengantre lama-lama untuk pendaftaran dan mengisi berkasnya, kita dapat mendaftar di situs resmi Imigrasi. Jika sudah semuanya maka Anda diharuskan datang ke kantor Imigrasi setempat untuk melakukan foto dan hal lainnya. Berikut adalah cara pembuatan paspor online.

e-paspor

Persyaratan Mengurus Paspor Online

Ada pula persyaratan untuk mengurus paspor secara online dan berkas untuk yang harus Anda persiapkan, sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 31 Tahun 2013 tentang peraturan pelaksanaan UU NO.6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Bagi warga negara Indonesia yang berdomisili atau berada di wilayah Indonesia, yaitu:

  1. Kartu tanda penduduk yang sah dan masih berlaku
  2. Kartu keluarga
  3. Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis
  4. Surat izin dari instansi yang berwenang bagi yang akan bekerja di luar negeri
  5. Surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  6. Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama.

Note: Untuk pendaftaran paspor online, Anda diwajibkan untuk melakukan Scan dan mengupload file Jpeg warna grayscale untuk persyaratan berkas di atas.

Cara Daftar Paspor Secara Online

Setelah persyaratan di atas sudah ada scan dan sudah berbentuk format Jpeg, maka selanjutnya adalah melakukan pendaftaran paspor secara online. Pastikan komputer Anda sudah terinstall Adobe Reader (aplikasi pembaca file PDF) dan mengnonaktifkan Pop-up Blocker

1. Membuka situs www.imigrasi.go.id, lalu arahkan kursor mouse ke Layanan Publik > Layanan Online > Layanan Paspor Online

cara daftar paspor online (1)

2. Pada halaman baru klik Pra Permohonan Personal, lalu input data pemohon. Anda bisa memilih Jenis permohonannya, seperti paspor baru, penggantian paspor dan perubahan paspor.

cara daftar paspor online (2)

Jika sudah mengisi data nya maka pilih Lanjut.

3. Anda akan diminta untuk mengupload berkas Scan persyaratan tadi yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Jika sudah silahkan pilih Lanjut.

4. Pada halaman selanjutnya, Anda akan diminta kembali untuk memilih kantor imigrasi untuk mengurus paspor dan waktu pengurusannya. Pilihlah kantor Imigrasi yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda, perlu diketahui untuk pengurusan paspor tidak harus sesuai dengan domisili yang tercantum pada KTP Anda. Jika sudah silahkan pilih Lanjut.

5. Berikutnya Anda diharuskan untuk mengisi kode gambar untuk verifikasi, silahkan masukan kode nya sesuai gambar yang ada untuk melanjutkan proses verifikasi.

6. Selanjutnya akan muncul halaman Bukti Permohonan. Silahkan klik link “Bukti Permohonan” lalu melakukan print untuk dibawa saat pengurusan paspor di kantor Imigrasi yang Anda pilih tadi.

Proses Verifikasi Data dan Wawancara

Setelah ke 6 step tersebut Anda lakukan, maka akan ada proses verifikasi data dan wawancara di kantor Imigrasi dan pada waktu yang Anda tentukan tadi.

1. Pada waktu wawancara Anda akan diminta berkas asli untuk dicocokan dengan data yang Anda upload secara online.

Tips proses Wawancara pembuatan paspor:

  • Siapkan berkasi asli sesuai dengan berkas yang Anda upload pada saat pendaftaran secara online, untuk berjaga-jaga lakukan fotocopy pada berkas tersebut
  • Saat datang untuk proses wawancara, datanglah lebih pagi
  • Akan ada sesi foto untuk paspor, maka datanglah ke kantor imigrasi dengan pakaian yang rapi dan sopan (seperti kemeja pakaian berkerah)
  • Siapkan uang untuk melakukan pembayaran, yaitu Rp 255.000,- untuk pembayaran di loket.

2. Setelah wawancara selesai dan data yang Anda berikan valid, maka selanjutnya Anda akan melalukan proses foto untuk di paspor Anda.

3. Silahkan melakukan pembayaran di loket pembayaran, sesuai dengan biaya yang sudah tercantum.

4. Setelah pembayaran selesai, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran dan kartu untuk pengambilan paspor. Paspor akan selesai dan bisa diambil dalam waktu 3 hari hingga 7 hari, biasanya petugas Imigrasi akan mengabari ada via telepon jika paspor Anda sudah selesai.

5. Pada waktu yang sudah ditentukan silahkan ambil paspor Anda dan ucapkan terimakasih pada petugas Imigrasi yang telah membantu Anda untuk pengurusan paspor.

Itu tadi cara buat paspor secara online hingga proses verfikasi data, wawancara dan paspor selesai. Mudah bukan? 🙂

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Tutorial