Cara Charge Smartphone yang Baik dan Benar

Charger merupakan hal yang paling penting bagi smartphone, pasalnya tanpa sebuah daya baterai smartphone tidak akan bisa menyala. pengguna smarthphone setiap hari menggunakan smartphone untuk banyak hal sehingga baterai terkuras, dan butuh untuk men-charge handphonenya. Berikut adalah tips Cara Charge Smartphone yang Baik dan Benar.

charger handphone
sumber foto: CNN

Jangan melakukan charge semalaman

Ini merupakan hal yang masih diperdebatkan oleh banyak orang, ada yang mengatakan tidak apa-apa jika mencharge smartphone seharian, karena adanya teknologi Controlling Battery, teknologi Controlling Battery adalah ketika smartphone sedang dalam keadaan charge pengisian full 100% maka baterai akan otomatis stop charging, fungsi baterai smartphone menjadi power listrik, baca lebih lengkap seputar Controlling Battery di sini.

Ada pro dan kontra tentang teknologi tersebut, bahwa smartphone tidak dilengkapi Controlling Battery, mungkin saja teknologi tersebut hanya pada smartphone high-end? Untuk berjaga-jaga lebih baik tidak mencharge smartphone anda semalaman, karena baterai akan lebih cepat mengalami kebocoran, bahkan yang lebih parah bisa meledak.

Jangan menunggu daya baterai habis

Jika Anda ingin melakukan pengisian daya kembali smartphone, lebih baik jangan menunggu daya baterai benar-benar habis. Cara charge smartphone yang baik adalah melakukan charger dengan daya yang tersisa 10% – 30%.

Gunakan charger bawaan

Hanya slot colokannya saja yang sama bukan berarti semua charger itu sama. Perbedaannya adalah arus daya yang berbeda, yaitu Volt. Hal ini yang menyebabkan handphone yang tidak dapat di charger.

Pastikan gunakan charger bawaan smartphone Anda, jika tidak ada atau hilang belilah charger original dengan merk dan seri yang sama dengan smartphone Anda.

Gunakan soket listrik untuk men-charger

Soket listrik memang difokuskan untuk pengisian daya. Pengisian daya menggunakan soket listrik akan lebih cepat dan optimal dibandingan dengan men-charger melalui USB komputer atau laptop.

Hindari tempat yang panas

Lebih baik charger handphone Anda di suhu yang sejuk, dibandingkan dengan charger langsung berpasasan dengan matahari akan semakin membuat panas smartphone Anda. Baca juga cara aman charger handphone.

Nah itu tadi sedikit tips yang mungkin berguna untuk men-charger smartphone Anda. Semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Gadget, Tips dan Trik