Cara Enkripsi Email Agar Lebih Aman

Kami ingin share informasi tentang cara enkripsi email agar lebih aman. Adalah Hushmail, sebuah layanan enkripsi yang menawarkan privasi transmisi data dengan sangat baik. Layanan ini berbasis browser. Selain kaya akan fitur, yang terpenting adalah iklannya juga tidak tampil secara mencolok.

Cara Enkripsi Email Agar Lebih Aman

Jika anda ingin berlangganan, anda bisa memakainya secara gratis hingga kuota 25 MB. Kemudian jika ingin memakai lebih dari itu, anda diwajibkan untuk membayar. Bagaimana cara kerja layanan ini? Ada algoritma khusus yang diterapkan, namanya adalah Symmetric Encryption Algorithm. Ada pula kunci simetris yang dipakai hanya sekali, berfungsi untuk melindungi data selama transmisi.

IMAP merupakan salah satu alternatif untuk mensinkronisasikan email pada beberapa client sekaligus. Ini bisa menjadi alternatif dari Microsoft Exchange Server.

  1. Anda bisa mulai dengan masuk ke laman sign up dari layanan ini. Berikutnya silakan pilih akun Hushmail anda beserta passphrase. Anda akan diminta untuk memasukkan frase yang terdiri atas 5 kata. Data ini sangat penting, jadi harap diingat. Ini berbeda dengan password biasa karena tidak bisa dipulihkan. Seandainya anda lupa, maka anda harus mengulangi proses dari awal dengan membuat akun baru.
  2. Login ke dalam akun dan bukan laman menulis email. Silakan anda tulis email yang ingin dikirim seperti biasa. Lalu setelah itu anda bisa memilih kotak enkripsi yang tersedia. Hanya pengirim yang membutuhkan akun email dari provider ini. Penerima tidak perlu.
  3. Berikutnya anda harus menentukan pertanyaan rahasia yang hanya penerima saja yang bisa menjawabnya. Meski jawaban yang diberikan tidak bersifat case-sensitive, namun alangkah baiknya jika anda menjaga agar pertanyaan tersebut tetap sederhana.
  4. Berikutnya silakan tekan tombol kirim dan email tersebut akan disampaikan kepada penerima setelah melalui enkripsi. Penerima akan mendapatkan notifikasi bahwa email sudah sampai. Pada email tersebut akan terdapat link yang mengarahkan penerima ke laman web Hushmail. Jika ia berhasil menjawab pertanyaan rahasia dengan tepat, maka email tersebut akan bisa dibuka secara penuh.

Nah, itu tadi cara enkripsi email agar lebih aman. Jika anda merasa bahwa layanan ini sangat berguna untuk keamanan data anda, maka silakan coba pergunakan.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+