Cara Instal Windows XP Dengan Flashdisk

Cara instal Windows XP dengan flashdisk merupakan tutorial cara untuk melakukan instalisasi sistem operasi Windows XP di komputer atau pun di laptop Anda dengan menggunakan flashdisk. Windows XP merupakan salah satu sistem operasi yang terbilang jadul namun masih banyak di minati oleh sebagian orang. Hal ini dikarenakan Windows XP lebih mudah untuk dioperasikan dan sifatnya yang sangat friendly user.

Apakah Anda salah satu orang yang berminat untuk menginstal sistem operasi Windows XP ini? Tapi sayangnya di notebook Anda tidak tersedia DVD/CD-ROM. Jangan sedih dulu, Anda masih bisa menggunakan flashdisk untuk menginstal sistem operasi Windows XP di notebook Anda. Menggunakan flashdisk adalah solusi pinter dan murah, hal ini karena harga flashdisk yang lebih murah di bandingkan dengan membeli DVD/CD-ROM eksternal.

Cara Instal Windows XP Dengan Flashdisk

Sebelum melakukan proses instalasi Windows XP, sebelumnya Anda harus mempersiapkan dua hal berikut yakni:

  1. Flashdisk yang memiliki kapasitas memori yang cukup. Jangan lupa untuk mempindahkan file-file penting yang ada di dalam flashdisk sebelum flashdisk Anda digunakan untuk menginstal sistem operasi Windows XP. Hal ini dikarenakan file-file flashdisk kemungkinan besar akan hilang saat melakukan booting
  2. File instalasi sistem operasi Windows XP.

Setelah kedua hal di atas telah siap, selanjutnya simak cara instal windows XP dengan flashdisk berikut ini:

1. Bootable FlashDisk

Langkah pertama yang harus di lakukan dalam adalah mengubah flashdisk Anda menjadi bootable dengan menggunakan software WinToFlash, Rufus atau sofware lainnya yang bisa menjadikan flashdisk Anda menjadi bootable. Hal ini ditujukan agar komputer Anda bisa melakukan fungsi booting dengan adanya sofware bootable yang terinstal di flashdisk Anda. Sofware tersebut bisa Anda download secara gratis di internet. Setelah mengunduh sofware tersebut, Anda tinggal menginstal saja seperti biasa.

Langkah berikutnya Anda copy-kan file instalasi sistem operasi Windows XP pada flashdisk Anda yang sudah diinstal software bootable.

2. Install Windows XP Melalui Software Bootable

Kemudian Anda tinggal menginstal saja sistem operasi Windows XP melalui software bootable yang sudah terpasang di flashdisk Anda. Misalnya Anda menggunakan sofware bootable Rufus. Buka sofware Rufus tersebut lalu Anda tinggal meng-klik saja file instalasi sistem operasi Windows XP dan pilih start. Tunggulah dengan sabar sampai proses ini selesai, barulah Anda bisa melangkah ke proses berikutnya yakni melakukan booting.

3. Lakukan Proses Installasi

Langkah terakhir yang harus Anda tempuh adalah melakukan proses instalisasi seperti biasanya. Namun Anda perlu bersabar ketika menginstal sistem operasi Windows XP dengan menggunakan flashdisk ini. Karena yang digunakan bukan DVD/CD-ROM melainkan hanya sebuah flashdisk maka proses instalisasinya akan berjalan lebih lama. Jadi jangan bosan menunggu proses instalisasi sistem operasi Windows XP ini selesai. Selain itu pastikan baterai notebook Anda cukup untuk melakukan proses instalisasi ini.

Cara instal Windows XP dengan flashdisk di atas mudah-mudahan menjadi solusi untuk Anda yang ingin menginstal sistem operasi Windows XP namun tidak memiliki DVD/CD-ROM eksternal.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Komputer, Tutorial, Windows