Cara Jitu Memilih Nama Blog Yang Baik dan Benar

Teknologi sudah semakin mengganas, jika kita tidak memanfaatkannya dengan maksimal rasanya sia-sia saja, apalagi ditambah dengan adanya internet. Rasanya seperti kita mengetahui dunia itu seperti apa, dan apa-apa saja yang ada di dunia ini. Tempat-tempat wisata, kuliner, fashion, pengetahuan, semuanya ada disini. Dan pada umumnya, semua itu dikemas dalam suatu wadah, yang disebut Blog.

Pengguna internet yang biasa berlayar didunia maya pasti tidaklah asing dengan Blog. Dengan adanya Blog, informasi bisa tersalurkan dengan baik dan sistematis.

Bagi yang belum memiliki dan berniat membuatnya, hal pertama yang harus dipikirkan adalah tips memilih nama Blog yang bagus, untuk itu disini kami akan menghadirkan ulasan tentang Cara Jitu Memilih Nama Blog Yang Baik dan Benar . Memilih nama untuk sebuah situs tidak bisa disepelekan karena bisa dibilang sama seperti memberi nama untuk anak pertama, kenapa? Karena pemberian nama itu sangat penting dan berpengaruh besar pada Blog yang akan Anda buat. Nama yang menarik, pastinya akan membuat pengguna internet merasa tertarik untuk mengunjungi Blog Anda.

Cara Jitu Memilih Nama Blog yang Baik

Jika Anda bingung bagaimana tips Cara Jitu Memilih Nama Blog Yang Baik , berikut ulasannya :

1. Sesuaikan Dengan Content Blog

Nama Blog memang mempunyai pengaruh yang besar. namun, dalam pemberian nama juga harus disesuaikan dengan isi/content Blog Anda. Sebaiknya, nama situs haruslah bisa mendeskripsikan isi tulisan-tulisan yang Anda akan posting karena umumnya orang-orang melakukan pencarian dengan mengetikan hal apa yang ingin dicarinya di search engine.

Jadi fokuskan nama situs Anda seperti bertema travelling, culinary, health & beauty, ataupun semacam buku harian (diary) sehingga hal ini akan memudahkan Anda memilih nama yang bagus.

2. Mudah Diingat

Menggunakan kata-kata yang simple dan mudah diingat. Karena, pada umumnya, para pengguna internet membutuhkan sesuatu yang simple dalam pencariannya. Nama yang terlalu panjang dan ribet akan sulit diingat. Sekalipun kata-kata itu unik, namun Anda juga harus memperhatikan hal-hal yang telah disebutkan. Juga hindari kata-kata yang membuat bingung terutama jika menggunakan bahasa asing.

3. Hindari Penggunaan Kata Yang Membingungkan

hindari menggunakan kata-kata yang membingungkan terutama jika Anda memilih menggunakan bahasa asing seperti Bahasa Inggris. Jangan sampai Anda salah penulisan kata ataupun grammar walaupun memang banyak kata-kata dalam bahasa Inggris yang dibuat dalam bahasa slang-nya. Juga hindari menggunakan kata-kata yang mirip dengan tagline produk-produk tertentu karena bisa berujung dengan kebingungan pembaca dan tidak etis jika menjiplak hasil karya seseorang.

4. Perhatikan Domain Names

Untuk nama domain.com dan .net itu berarti Anda men-self hosting blog Anda sendiri sedangkan untuk free hosting blog seperti domain WordPress atau Blogger, Anda bisa mencari nama domain yang tersedia di dalam sistem mereka.
Hal ini juga penting, karena suatu saat ketika orang mengunjungi situs Anda, mereka biasanya hanya mengingat nama blog-nya saja. Jika mereka tidak menemukannya mereka akan beralih ke blog lainnya.

5. Cek Availability Dari Nama Yang Akan Digunakan

Terkadang, nama yang akan Anda gunakan ternyata sudah terpakai oleh orang lain, dan itu mungkin akan menimbulkan kekecewaan bagi Anda. Nah, untuk mengetahui apakah nama Anda sudah terpakai atau belum oleh orang, caranya mudah. Ketiklah nama yang ingin Anda pakai di search engine. Dari situ, Anda dapat meiihat apakah nama Anda sudah terpakai atau belum. Karena, nama yang sama bisa menjadi saingan pada nantinya, terlebih lagi jika membahas topik yang sama. Tidak mau, kan?

6. Diskusi Dengan Keluarga atau Sahabat

Opini atau saran dari orang lain sangatlah penting. Karena, siapa tau mereka memberikan ide-ide cemerlang yang bisa membuat Blog Anda menjadi lebih baik. Sekali-sekali mintalah pendapat dan berdiskusi dengan keluarga atau sahabat. Bisa juga melalui itu Anda bisa melakukan promosi atas Blog Anda, sehingga Blog Anda memiliki kemajuan yang baik.

Melihat dari tips-tips diatas tentang Cara Jitu Memilih Nama Blog Yang Baik dan Benar , dapat disimpulkan bahwa, penamaan Blog tidak kalah pentingnya, karena itu sangat mempengaruhi kemajuan Blog yang akan Anda buat. Nama yang keren praktis, simple, dan mudah diingat merupakan acuan utama saat Anda akan membuat Blog. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Internet, Tips dan Trik