Cara Melindungi Akun Facebook Anda dari Hacker

Akun Facebook sangat mudah diretas karena sudah banyak orang melaporkan bahwa akun mereka dicuri oleh orang lain. Jika anda sering mengakses akun Facebook lewat banyak perangkat, maka terbuka kemungkinan orang bisa mengakses akun tersebut dan mengambil alih kepemilikannya. Oleh sebab itu, harap lebih berhati-hati jika anda ingin login ke akun Facebook dari berbagai tempat. Berikut ini adalah cara melindungi akun Facebook anda dari hacker.

Cara Melindungi Akun Facebook Anda dari Hacker

  • Yang pertama harus dilakukan adalah membuat password yang tidak mudah ditebak. Hindari membuat password berdasarkan data personal, seperti tanggal lahir, tempat lahir, nomor telepon, dsb sebab dengan begitu orang dekat anda akan lebih mudah menebaknya. Sebaiknya pilih password yang terbuat dari kombinasi huruf dan angka serta huruf kapital. Dengan begitu, password akan lebih kuat dan lebih susah ditebak. Untuk mengganti password, silakan menuju menu Account Settings→ General→ Password→Edit.
  • Secure browsing juga membantu untuk mencegah hacker membobol akun anda. Mengaktifkan secure browsing akan mencegah orang-orang tidak bertanggung jawab mengakses akun anda. Lalu lintas informasi akan dienkripsi sehingga tidak mudah bagi peretas untuk membacanya. Silakan ikuti step berikut ini untuk mengaktifkannya, Settings→ Security→ Secure Browsing.
  • Berikutnya anda juga bisa mencoba menghentikan sesi aktif. Active Session adalah fitur dari Facebook untuk memberitahu pengguna kapan terakhir kali mereka login ke dalam akun dan perangkat apa yang dipergunakan. Jika ternyata ada perangkat lain yang tidak dikenal tercatat disana, itu berarti akun anda mungkin sedang berusaha diretas. Silakan matikan sesi aktif secepatnya agar orang tersebut tidak semakin leluasa memata-matai akun anda. Caranya adalah ikuti menu berikut ini, Settings→ Security→ Active Sessions. Klik tombol Edit, lalu akan muncul jendela popup yang menunjukkan history login pada akun anda. Untuk mematikan sesi aktif, pilih opsi End Activity.
  • Memperhatikan URL Facebook juga penting. Jika anda menerima email yang mengatasnamakan Facebook, ada baiknya anda tidak mengunjungi Facebook lewat link yang disediakan terkecuali anda merasa benar-benar yakin. Email phising seperti ini bukan hal baru. Para hacker seringkali membuat email tipuan yang terlihat sangat mirip dengan email resmi, tapi sebenarnya link yang diberikan sudah dirancang untuk menjebak pengguna yang lengah. Masuklah ke akun Facebook dengan mengetik URL langsung di web brower. Bila perlu anda bookmark sehingga tidak perlu takut salah saat mengetik. Itu tadi cara melindungi akun Facebook anda.
Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, Tips dan Trik