Cara Melindungi Smartphone Android dari Malware

Smartphone mungkin merupakan benda paling berharga bagi anda. Oleh sebab itu, anda harus melakukan segala upaya untuk meningkatkan keamanan dari perangkat seluler anda. Ini karena kita biasanya melakukan banyak hal memakai Smartphone, seperti bertransaksi online, membuat dokumen, berkirim email, dll. Malware merupakan salah satu bentuk ancaman bagi Smartphone Android. Jadi jika anda punya Smartphone yang menjalankan sistem operasi ini, sudah sepatutnya anda memberikan perlindungan agar jangan sampai data-data yang tersimpan di dalamnya menjadi hilang atau rusak karena malware.

Cara Melindungi Smartphone Android dari Malware

Berikut ini adalah beberapa cara melindungi Smartphone Android dari malware. Yang pertama adalah install aplikasi dari publisher terpercaya. Seringkali malware masuk ke dalam Smartphone karena ketidaktelitian saat menginstal aplikasi. Ada banyak sekali aplikasi di Google Play Store, jadi alangkah baiknya jika anda lebih selektif dalam memilih aplikasi yang hendak dijalankan di dalam Smartphone. Baca review terlebih dahulu karena darisana anda bisa menilai apakah sebuah aplikasi layak untuk dipasang di dalam Smartphone atau tidak.

Berikutnya adalah install aplikasi anti malware. Seiring dengan semakin meningkatnya popularitas dari sistem operasi Android, semakin banyak pula developer yang peduli dengan keamanan perangkat para pengguna. Tidak sulit untuk menemukan aplikasi untuk mengamankan Smartphone dari malware saat ini. Dengan mengaktifkan salah satu, aplikasi tersebut bisa terus memantau aktivitas anda layaknya antivirus pada komputer.

Berikutnya, hindari link-link tidak jelas. Mungkin anda pernah mendapati iklan yang mengharuskan anda untuk mengunduh file tertentu. Jangan sembarangan mengunduh file. Kita tahu salah satu cara termudah bagi malware untuk masuk ke dalam sistem Android adalah menginjeksi script pada aplikasi. Jadi jangan sembarangan untuk mengunduh aplikasi dan menjalankannya pada Smartphone. Tips yang juga penting adalah baca review soal aplikasi berkualitas.

Review pengguna bisa menjadi petunjuk kualitas sebuah aplikasi. Jika sebuah aplikasi mendapatkan banyak bintang, itu artinya banyak yang suka. Bukan hanya soal fitur saja, namun itu bisa menjadi indikator bahwa orang percaya dengan keamanan aplikasi tersebut. Jika ada cacat pada sebuah aplikasi, kecil kemungkinan aplikasi tersebut akan mendapatkan rating tinggi dari pengguna. Itu tadi cara melindungi Smartphone Android dari malware.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+