Cara Memakai Controller PS4 DualShock 4

Berikut ini adalah informasi tentang cara memakai controller PS4 DualShock 4. PlayStation adalah salah satu platform game yang sudah sangat dikenal luas oleh masyarakat, khususnya para pecinta game. Beberapa gamepad telah dirilis dengan mengusung nama yang sama. Jika anda belum pernah mencoba controller PS4 DualShock 4, sebaiknya cari tahu sebab gamepad ini tidak hanya nyaman digenggam, namun juga sangat responsif.

Cara Memakai Controller PS4 DualShock 4

Ini adalah pilihan yang tepat bagi anda yang lebih suka memainkan game di PC sebab anda hanya perlu mengintegrasikan perangkat ini dengan komputer agar bisa dipergunakan untuk bermain game. Controller ini juga bekerja secara nirkabel dengan bantuan Bluetooth. Jika ingin memakai fungsi ini, maka anda harus memastikan bahwa perangkat PC anda sudah terdapat Bluetooth di dalamnya. Silakan beli dongle Bluetooth jika di dalam sistem komputer tidak terdapat Bluetooth.

Download DS4Windows

Tahap penting pertama adalah melakukan download software ini. Secara umum, mengoperasikan controller PS4 DualShock 4bisa dibilang mudah, namun anda tidak bisa begitu saja mencolok stick ke PC karena perangkat tersebut tidak akan bekerja jika tidak terintegrasi dengan benar oleh sistem. Silakan unduh aplikasi DS4Windows. Ini yang berperan untuk menghubungkan controller anda dengan komputer.

Install DS4Windows   

Proses instalasinya juga tidak susah. Silakan cari file ds4windows.zip yang telah didownload, kemudian klik kanan, lalu pilih “Extract All…” berikutnya anda akan melihat jendela ekstraksi. Setelah proses ini selesai, seharusnya muncul 2 file, yaitu ds4updater.exe dan ds4windows.exe. Anda harus menginstal file yang kedua. Ikuti saja instruksi seperti biasa hingga proses instalasi selesai.

Buka DS4Windows

Buka DS4Windows, anda akan mendapatkan pemberitahuan tentang lokasi dimana settings dan profil ingin disimpan. Jika tidak ingin dirubah, biarkan saja seperti sedia kala, yaitu di ‘Appdata’. Jendela baru kemudian akan terbuka, lalu klik tulisan ‘Install The DS4 Driver’. Ini adalah untuk instalasi di Windows 8, Windows 8.1, atau Windows 10. Sementara jika sistem di dalam komputer anda adalah Windows 7 ke bawah, silakan pilih ‘Install 360 Driver’.

Mengkoneksikan via USB

Nah, jika semuanya sudah, anda masih harus menghubungkan kedua perangkat. Ada 2 pilihan, yakni via Bluetooth dan kabel. Untuk yang via kabel, anda hanya perlu kabel Micro USB biasa. Jika kedua perangkat sudah dihubungkan dengan kabel tersebut, seharusnya sistem bisa mendeteksi dan anda bisa mulai langsung bermain setelahnya. Sekian informasi tentang cara memakai controller PS4 DualShock 4.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, Tips dan Trik