Cara Memakai Google Maps Secara Offline

Google Maps adalah tool yang sangat berguna. Sekarang kita jadi lebih mudah untuk menjelajahi kawasan yang belum pernah kita datangi sebelumnya tanpa perlu takut tersesat karena Google Maps bisa menjadi penunjuk jalan. Saking populernya, aplikasi Google Maps adalah salah satu yang paling banyak diunduh di Play Store, bahkan termasuk aplikasi wajib yang harus ada pada setiap perangkat Android anda.

Cara Memakai Google Maps Secara Offline

Selama ini kita tahu Google Maps men-track lokasi dengan bantuan pemindaian via satelit.  Oleh sebab itu, kita harus terhubung dengan internet. Banyak yang lantas bertanya apakah aplikasi ini bisa dipergunakan secara offline sehingga kita tidak harus mereload lokasi setiap kali ingin melihatnya. Ternyata, fitur offline sudah tersedia sekarang. Kami ingin berbagi informasi tentang cara memakai Google Maps secara offline.

  1. Prinsip dasarnya adalah anda harus mengunggah peta suatu lokasi terlebih dahulu, kemudian anda bisa mengaksesnya secara offline.
  2. Untuk melakukannya, anda tetap harus terhubung dengan internet terlebih dahulu. Lalu cari lokasi yang ingin anda simpan ke dalam perangkat.
  3. Setelah menemukan lokasi yang dimaksud, silakan langsung anda simpan. Silakan masuk ke menu options dan sentuh Offline Areas.
  4. Berikutnya anda perlu bernavigasi ke Offline Areas di dalam menu setelah menemukan lokasi yang ingin disimpan.
  5. Sentuh ikon Add atau Plus di bagian bawah kanan halaman. Akan ada konfirmasi persetujuan berbunyi “Download This Area?”
  6. Anda akan melihat kotak berisi map yang ingin disimpan. Jika ingin menyimpan area yang lebih sempit, silakan perkecil kotak dengan menyeret bingkai. Sementara jika anda ingin menyimpan area yang lebih luas, silakan atur sendiri dengan kotak tersebut.
  7. Jika sudah merasa yakin, tekan Download.
  8. Selanjutnya, anda akan diminta untuk menamai area tersebut. Sebaiknya pilih nama yang relevan supaya anda lebih mudah menemukannya.
  9. Tunggu hingga proses download selesai. Berikutnya anda bisa langsung mengakses map atau peta yang dimaksud sekalipun ponsel tidak sedang terhubung dengan internet. Silakan sentuh ikon di kiri atas halaman, masuk ke opsi Offline Areas. Disana seharusnya anda bisa melihat semua peta yang pernah anda unduh sebelumnya.

Meski fitur ini sangat membantu, anda tidak bisa memakainya sebebas Google Maps online. Kemudian kapasitas yang diperlukan juga lumayan besar, mencapai ratusan MB untuk peta yang cukup besar. Itu tadi cara memakai Google Maps secara offline.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, Tips dan Trik