Cara Memakai Oculus Rift atau HTC Vive Bagi yang Berkacamata

Perangkat realitas virtual namanya semakin menanjak saja. Perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir memang menunjukkan perubahan yang signifikan. Ada banyak sekali jenis perangkat baru nan canggih dirilis oleh berbagai perusahaan IT kenamaan di seluruh dunia. Memakai perangkat ini sebenarnya sangat mudah, tapi agak merepotkan bagi mereka yang berkacamata. Berikut kami akan berbagi tips dan cara memakai Oculus Rift atau HTC Vive bagi yang berkacamata.

Cara Memakai Oculus Rift atau HTC Vive Bagi yang Berkacamata

Yang pertama harus dilakukan adalah mencari ukuran kacamata yang pas. Sebenarnya kacamata yang punya frame tidak terlalu besar akan dengan mudah dipasangkan dengan kedua perangkat ini. Tapi banyak juga orang yang sangat menyukai kacamata berframe besar sehingga kesulitan untuk memakai headset virtual reality. Kami sarankan anda mengganti kacamata atau menyiapkan satu kacamata khusus untuk bermain gadget yang satu ini. Ukuran headset VR berbeda-beda meski mereka terlihat mirip antara satu dengan yang lainnya. Yang perlu anda lakukan saat hendak membeli gadget ini adalah melakukan pengaturan tinggi dan lebar dan frame kacamata dan coba cocokkan dengan space yang tersedia di dalam headset. Dimensi Oculus Rift adalah 152mm x 63.5mm x 50.8mm, hampir sama dengan yang satunya lagi.

Tips berikutnya, pasang headset mulai dari tali yang paling longgar. Headset VR biasanya memiliki tali yang elastis, memungkinkan kita memakainya secara pas. Longgarkan dulu semuanya, lalu silakan pakai pada kepala anda, baru kemudian ketatkan ikatannya. Pastikan anda juga menyesuaikan lubang pada headset dengan kacamata anda. Hindari mengikat terlalu kencang agar kacamata anda tidak menekan mata. Khusus untuk HTC Vive, anda bisa mengatur sendiri kedalaman dari lensa. Dengan begini, kacamata bisa mendapatkan cukup ruang.

Untuk menghindari kerusakan pada kacamata, pakai bagian depan headset terlebih dahulu, baru eratkan di bagian belakang. Jika anda melakukan sebaliknya, kacamata bisa tergencet dan mengakibatkan kerusakan pada gagang. Jika misalnya kacamata menempel di dalam headset saat anda melepasnya, tidak masalah karena keduanya bisa dipisahkan secara mudah.

Nah, itu tadi cara memakai Oculus Rift atau HTC Vive bagi yang berkacamata. Semoga ini bisa memberi inspirasi bagi anda.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik