Cara Memakai OneDrive untuk Backup Data

Kami ingin berbagi informasi tentang cara memakai OneDrive. Jika anda masih belum terlalu familiar dengan istilah ini, OneDrive bertindak sebagai shared folder. Anda pengguna Microsoft Office seri terbaru? Anda akan menyadari bahwa tempat penyimpanan default adalah di OneDrive. Ini untuk memastikan bahwa semua data yang anda simapn di-backup dengan layanan cloud storage. Jadi anda memiliki copy dari dokumen yang dibuat.

Cara Memakai OneDrive untuk Backup Data

Sebenarnya bukan hanya untuk dokumen Office saja, apapun yang anda masukkan ke dalam folder tersebut akan diupload ke layanan cloud. Ada 15GB kuota penyimpanan gratis. Ukuran ini tidak terasa banyak, namun jika yang anda simpan hanya dokumen Word atau sejenisnya, perlu waktu lama untuk menghabiskan kuota tersebut. Dan tentu saja jika masih kurang, anda bisa memakai layanan berbayarnya.

Ada berbagai fitur penting pada sistem ini. Yang pertama adalah fitur sinkronisasi. Jika anda ingin mengaktifkan fitur ini, silakan buka Sistem Tray kemudian cari Icon OneDrive. Pilih Settings, lalu klik Choose Folders. Baru berikutnya anda beri tanda cek folder yang ingin anda buat backup-nya. Fitur berikutnya adalah timing. Terkadang kita sering salah saat membuat dokumen, sehingga update terakhir justru salah dibandingkan dengan update sebelumnya.

Nah, jika anda ingin mengembalikan dokumen ke versi sebelumnya, langsung saja login ke OneDrive.com dengan akun anda, lalu klik kanan pada dokumen yang dimaksud. Berikutnya pada tab baru anda akan melihat sederetan history dari dokumen tersebut. Akan ada pula sidebar yang memungkinkan anda untuk menyeleksi dokumen yang anda inginkan. Nah, fitur berikutnya adalah untuk mengembalikan file. Ini lumayan sering terjadi terutama bagi mereka yang ceroboh.

Mungkin anda secara tidak sengaja telah menghapus file penting, sehingga kebingungan untuk mengembalikannya. Tenang saja, file tersebut masih bisa di-recover. Sama seperti sebelumnya, anda harus login dulu ke dalam akun, lalu cari menu Recycle Bin pada kiri bawah laman. Salah satu dari file yang terdapat disana seharusnya file yang ingin anda kembalikan. Klik kanan pada file yang dimaksud, lalu pilih opsi restore. Nah, sekarang file tersebut sudah kembali dan anda bisa menggunakannya seperti semula. Itu tadi cara memakai OneDrive. Masih ada banyak trik lain yang bisa anda pelajari.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, Tips dan Trik