Cara Memakai Shortcut Teks Di Mac

OS X punya fitur untuk mengatur shortcut teks atau punya nama lain substitusi teks. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan snippet teks dalam format lebih besar agar proses editing email bisa dilakukan dengan lebih mudah. Kami ingin berbagi informasi tentang cara memakai shortcut teks di Mac.

Cara Memakai Shortcut Teks Di Mac

Memakai shortcut teks

Anda harus terlebih dahulu membuka System Preferences dari Apple Menu di bagian finder. Berikutnya anda perlu mengklik keyboard, lalu cari bagian tab teks. Berikutnya akan muncul sebuah daftar yang berisi opsi Replace dan With. Anda bisa memakai menu tersebut. Klik dua kali Row, lalu ketikkan shortcut anda pada kolom Replace.

Masukkan juga teks penuh pada kolum With. Misalnya anda bisa mengganti ‘dsb’ dengan ‘dan sebagainya’. Masukkan saja tulisan dsb pada kolom Replace, kemudian masukkan juga kepanjangannya ‘dan sebagainya’ pada kolom with. Anda bisa memasukkan teks apa saja yang ingin diganti pada paragraf, tidak hanya singkatan dan kepanjangan saja.

Nah, setelah shortcut dibuat dengan sempurna, sistem akan memperbarui pengaturan tersebut. Setiap kali anda mengetikkan shortcut pada aplikasi apapun yang mendukung, seperti misalnya Mail dan Notes, anda akan mendapatkan kata pengganti sesuai dengan yang disimpan sebelumnya.

Menyimpan shortcut teks

Shortcut teks yang dibuat seharusnya terintegrasi secara langsung dengan akun iCloud jika anda memakai layanan tersebut. Namun seandainya fitur sinkronisasi tidak diaktifkan, anda bisa melakukannya secara manual. Silakan anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka text pane pada System Preferences > Keyboard.
  2. Berikutnya anda perlu memilih salah satu substitusi, lalu pilih semua, agar lebih mudah anda bisa memakai Command + a.
  3. Pergunakan fitur drag and drop untuk memindahkan substitusi langsung ke desktop.
  4. Berikutnya akan ada sebuah file muncul dengan nama “text substitutions.plist”. Ini adalah file yang berisi daftar substitusi.
  5. Mengembalikan shortcut teks
  6. Jika anda perlu melakukan backup dari shortcut teks yang telah anda buat, anda bisa melakukannya dengan men-drag and drop file tersebut ke area substitusi yang terdapat di System Preferences. Langkah ini akan merestorasi semua data yang telah dibuat sebelumnya sehingga anda bisa memakainya pada perangkat Mac yang baru.

Sekian informasi tentang cara memakai shortcut teks di Mac.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik