Cara Memaksimalkan Teknologi Untuk Anak

Dengan berkembangnya teknologi baru-baru ini menjadikan gadget-gadget seperti smartphone, tablet dan lain-lainnya sudah menjadi teman bermain untuk anak-anak. Pada sebuah teknologi memiliki dampak yang baik dan juga buruk untuk anak-anak, namun meskipun begitu ada beberapa cara untuk menyiasati agar sebagai orang tua anda bisa memaksimalkan teknologi untuk anak.

Dari keterangan Rosalina Verauli seorang Psikolog Anak dan keluarga menyebutkan bahwa yang memiliki peranan penting dalam memperkenalkan teknologi ken anak adalah orang tuanya sendiri. Dan berikut adalah tips Cara Memaksimalkan Teknologi Untuk Anak :

Cara Memaksimalkan Teknologi Untuk Anak

Maksimalkan untuk belajar lewat gadget

Dengan adanya banyak aplikasi yang tersedia bisa anda manfaatkan untuk bisa membuat minat belajar anak dengan lingkungan sekitar. Misalnya saja dengan mencari sebuah informasi tentang museum, jenis-jenis hewan, tumbuhan dan masih banyak lagi. Jika anda bisa memanfaatkan teknologi dengan mengenalkan hal-hal yang ada di sekitar si kecil pasti dia akan sangat antusias untuk belajat hal-hal baru lainnya.

Ajaklah mereka berdiskusi untuk memilih konten-konten yang akan dia akses, hal ini akan membuat anak anda menjadi lebih kritis. Pilih aplikasi yang memang memiliki konsep pelajaran, seperti contohnya aplikasi mengenal bentuk dan warna dan juga aplikasi belajar membaca.

Alokasi waktu bermain teknologi

Teknologi sama seperti kegiatan bermain dan belajar di luar ruangan. Dalam sebuah teknologi juga terdapat sarana prasarana pendidikan dan hiburan yang memang bagus dan mendidik. Dengan adanya kegiatan dengan menggunakan teknologi ini anda bisa memanfaatkannya untuk membuat sistem dan metode baru untuk berinteraksi dan belajar. Kegiatan ini bisa dilakukan harian.

Rangsangan kognitif

Ada baiknya saat anda sedang berdongeng di depan sikecil buatlah dongeng itu menjadi semenarik mungkin dengan menyelipkan nyanyian-nyanyian atau bisa membuat hal-hal baru yang menyenangkan bersama. Meskipun hal ini kadang sepele tapi secara tidak langsung anak akan lebih melatih kemampuannya untuk mencerna sebuah informasi dan berfikir.

Batasi konten

Anda harus benar-benar ekstra hati-hati saat si kecil sedang bermain gadget terus menerus. Beri batasan waktu untuk bermain dnegan gadgetnya. Banyak aplikasi yang mengandung unsur pornografi, narkoba dan kekerasan yang banyak beredar. Ada baiknya anda menggunakan perental control dan hindari sekali menempatkan komputer di kamar tidur anak anda. Hal ini akan membuat dia terlepas dari pantauan anda.

Gunakan teknologi dalam porsi yang tepat

Dengan teknologi anda pun bisa membuat proses belajar anak menjadi lebih hidup dan menyenangkan. Namun, sumber stimulasi bukan hanya dari teknologi saja. Ada baiknya anda membuat sebuah kolaborasi antara banyak kegiatan, ajak anak—anak anda membaca buku, bermain ditaman, bersosialisasi dan bisa juga bermain bola. Pasti akan lebih menyenangkan lagi. Jadi anak-anak tidak akan terfokus pada gadget-gadget saja, namun juga lingkungan sekitar dna dia akan lebih peka.

Anak contoh perilaku orang tua dalam menggunakan gadget

Sepertinya yang terakhir ini adalah yang paling penting. Anak-anak cenderung menirukan apa saja yang dilakukan orang tua, saat orang tua memang menggunakan komputer untuk hal-hal yang baik pasti mereka akan menirukan dan tidak berbuat macam-macam. Namun jika anda teledor dan anak menemukan hal-hal negatif dalam komputer anda bisa jadi anak akan merasa ingin tau dan akhirnya akan membuat dia ingin terus mencari tau. Bijaklah kepada anak anda.

Demikian ulasan dari kami tentang cara memaksimalkan teknologi untuk anak yang dapat kami sampaikan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Berita Teknologi, Tips dan Trik