Cara Memanfaatkan Memori Internal 16GB iPhone

Bagaimana cara memanfaatkan memori internal 16GB iPhone? Ukuran memori seperti ini sebenarnya sudah tergolong besar, tapi terkadang kita butuh lebih besar lagi karena aplikasi seperti game dan musik menghabiskan banyak space di dalam storage. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan:

Cara Memanfaatkan Memori Internal 16GB iPhone

Yang pertama, anda harus tahu aplikasi mana saja yang menjadi penyedot space terbanyak. Biasanya yang banyak mengambil memori adalah foto, video, music, podcast, dan aplikasi game. Kalau ada salah satu atau beberapa dari jenis data yang disebutkan tadi tidak dibutuhkan, hapus saja. Terkadang kita tidak sadar menginstal aplikasi yang sedang tren tapi ternyata jarang dipergunakan. Untuk mengetahui bagaimana distribusi pemakaian space pada memori, silakan masuk ke menu General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage. Nantinya anda bisa menghapus aplikasi yang tidak anda butuhkan atau jarang dipergunakan.

Cara ampuh lainnya untuk menghemat memori adalah dengan mengatur resolusi foto. Memang resolusi yang lebih tinggi membuat foto terlihat semakin detil, tapi anda perlu tahu bahwa resolusi tinggi juga berdampak pada membengkaknya ukuran file. Jika tidak terlalu perlu foto yang detil, sebaiknya turunkan resolusi default untuk pengambilan foto dan video. Resolusi besar hanya perlu apabila anda ingin mencetak foto besar. Tapi jika hanya ingin ditampilkan pada laptop atau Smartphone, perbedaan resolusi tidak akan begitu kentara. Maka dari itu, kami sarankan anda mengecilkan resolusi kamera supaya memori ponsel tidak cepat penuh. Jika aplikasi kamera default tidak punya opsi menurunkan resolusi, anda bisa memakai aplikasi pihak ketiga seperti Camera+.

Tips berikutnya adalah manfaatkan iCloud. iCloud adalah layanan penyimpanan data online via cloud storage. Data-data yang tidak terlalu penting bisa dipindahkan kesana daripada harus memenuhi ruang memori di dalam Smartphone anda. Untuk mengaktifkan ini, silakan anda masuk ke Settings, lalu iCloud > Photos. Anda harus mengatur iCloud Photo Library dalam posisi toggle ON. Selanjutnya silakan anda pilih Optimize iPhone Storage. Biasanya proses ini memakan waktu lumayan, tapi sangat layak untuk dicoba. Kita diberikan space 5GB gratis, tapi masih bisa diperluas dengan tambahan biaya.

Jalan terakhir yang bisa anda coba jika sudah melakukan semua tips diatas adalah menambah memori eksternal. Ini bisa memperluas memori hingga 200GB tergantung dari jenis Smartphone. Itu tadi cara memanfaatkan memori internal 16GB iPhone.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik