Cara Mematikan AutoRun di Windows

Virus pada komputer merupakan salah satu momok yang paling menakutkan bagi para pengguna komputer, laptop dan perangkat lainnya terutama bagi pengguna awam yang kurang begitu memahami cara kerja dan penanggulangan virus. Masuknya virus ini bisa berbagai macam dari mulai mengklik ads fake website sembarangan, menginstal aplikasi sembarangan serta masuk melalui transfer data atau masuknya media lain seperti CD Room dan Flask Disk ke komputer.

autorun

Nah untuk cara masuknya virus melalui CD Room, Flash biasanya virus masuk dengan menggunakan fitur AutoRun yang merupakan settingan default komputer untuk mengaktifkan dirinya. Fitur AutoRun sendiri ada bukan tanpa sebab karena memiliki beberapa kegunaan namun oleh pihak pembuat virus, kegunaan dan fungsi AutoRun yang bagus ini dimanfaatkan sebagai celah untuk mengaktifkan program mereka secara otomatis.

Untuk Anda yang jengkel dengan adanya virus yang masuk secara otomatis melalui fitur AutoRun maka Anda bisa menanggulanginya dengan cara mematikan settingan default autorun menjadi enabled. Sehingga saat ada flask Disk, CD Room atau media lainnya yang masuk pada pc/laptop, laptop tidak akan otomatis menjalankan lagi program autoran virus tersebut.

Autoplay (atau AutoRun) merupakan fitur bawaan dari Windows. AutoRun berfungsi untuk menjalankan perintah otomatis ketika flashdisk/dvd terpasang. Pada artikel ini , saya akan memberitahu Anda cara Cara Mematikan Autorun Komputer pada sistem operasi Windows.

Untuk menonaktifkan AutoPlay (atau AutoRun) sepenuhnya , ada 3 cara untuk mematikan AutoRun yaitu Anda bisa menggunakan Control Panel, Local Group Policy Editor , dan Registry Editor. Berikut langkah-langkahnya.

Mematikan AutoRun dengan Control Panel:

1. Masuk ke Local Security Policy Windows 7, untuk masuk ke dalam Local Security Policy Windows 7 ini yang pertama dengan cara mengetik group policy (klik windows di bagian kiri bawah, masukan group policy di kolom isian search program and files). Klik edit group policy.

2. Klik User Configuration lalu klik Administrative Templates kemudian Windows Components dan terakhir klik AutoPlay Policies. Pada bagian turn off autoplay klik kanan lalu pilih edit, maka akan muncul menu pengaturan baru.

3. Untuk mematikan AutoRun secara otomatis maka pilih poin enabled, lalu di bagian option turn off autoplay on pilih all drive jika ingin mematikan fitur AutoRun  di semua drive atau pilih CD-Rom and removable media drives jika hanya ingin mematikan fitur AutoRun di CD-Rom, Flash Disk dan removable media drives lainnya. Jika telah selesai maka klik OK.

cara mematikan autorun

4. Selesai

Jika Anda ingin menghidupkan kembali fitur AutoRun maka bisa dengan cara klik disabled atau not configured seperti setiingan awal di menu menu pengaturan turn off autoplay.

Mematikan AutoRun dengan Local Group Policy Editor:

1. Buka kotak Run dan ketikkan gpedit.msc

2. Setelah berada di Local Group Policy Editor klik : Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > AutoPlay Policies

turn off autoplay

3. Lalu klik dua kali pada Turn off AutoPlay untuk mengedit pengaturannya. Dalam pengaturan tersebut pilih Enabled, kemudian pilih All drives dalam menu options nya, jika sudah klik Apply dan OK.

enabled turn off autoplay

4. Restart komputer Anda.

Fitur AutoRun telah sepenuhnya dinonaktifkan untuk semua penggunaan seperti flashdisk / dvd yang terhubung ke komputer Anda.

Mematikan AutoRun dengan Registry Editor:

1. Buka kotak Run dan ketikkan regedit

Mematikan AutoRun dengan Registry Editor

2. Setelah berada di registry editor (Untuk mematikan AutoRun dengan registry editor Anda bisa memilih menonaktifkan AutoRun untuk ke semua pengguna atau user saja) pilih salah satu:

HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\Explorer\

3. Dalam subkey ini, jika Anda tidak menemukan pengaturan berlabel “NoDriveTypeAutoRun“. Anda bisa membuat yang baru, caranya klik kanan > New > DWORD (32-bit) Value

Dengan nama Value: NoDriveTypeAutoRun, dengan value 000000FF (255)

4. Restart komputer Anda.

DWORD akan didefinisikan untuk menonaktifkan AutoRun untuk semua drive dan perangkat (flashdisk / dvd), dan akan memiliki efek yang sama dengan Local Group Policy Editor. Jika Anda ingin mengakfifkan kembali fitur AutoRun, tinggal hanya membalikkan perubahan yang telah Anda buat pada langkah-langkah di atas. Nah itu tadi tutorial Cara Mematikan Autorun di Windows dengan Local Group Policy Editor dan Registry Editor, semoga tutorial di atas dapat dengan mudah Anda terapkan.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Tutorial, Windows