Cara Membatalkan Langganan Apple Music Subscription Auto Renewal

Apple memang berusaha memperluas sayap bisnisnya dengan merambah ranah streaming. Perusahaan terkemuka dunia itu baru beberapa waktu lalu merilis layanan streaming musik berbayar. Berbeda dengan iTunes, sistem pembayarannya bukan per lagu, melainkan perbulan, namun kita bisa menikmati semua lagu yang ada di daftar catalog. Seperti diketahui, pengguna layanan Apple Music diberikan masa percobaan selama 3 bulan. Dan jika merasa cocok, masa percobaan yang gratis tersebut bisa diperpanjang menjadi layanan berbayar.

Cara Membatalkan Langganan Apple Music Subscription Auto Renewal

Saat registrasi pertama kali, anda akan diberikan pilih antara paket individual atau family. Nah, jika anda memilih salah satunya, itu artinya fitur renewal pada akun anda aktif dan jika masa trial sudah habis, layanan tersebut akan secara langsung menge-charge akun anda sejumlah biaya yang dibebankan. Jika anda menghubungkan akun dengan kartu kredit, maka mungkin saja pihak bank akan memberikan notifikasi bahwa layanan akan mengambil sejumlah saldo dari rekening anda.

Mungkin anda sedang menikmti layanan tersebut saat ini, namun jika anda tidak berniat untuk melanjutkan ke opsi berbayar, ada pengaturan yang bisa anda lakukan. Layanan ini sebenarnya relatif murah dibandingkan dengan benefit yang ditawarkan, jadi tidak ada ruginya sama sekali jika anda memutuskan untuk berlangganan setelah masa 3 bulan free trial selesai. Namun jika anda tetap ingin berhenti, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membatalkan langganan Apple Music Auto Renewal:

  1. Pertama, buka aplikasinya
  2. Klik icon orang di sebelah pojok kiri atas layar. Berikutnya anda bisa masuk ke dalam akun dengan memasukkan username dan password Apple anda.
  3. Berikutnya klik pada view Apple ID. Jika aplikasi meminta anda memasukkan info login kembali, lakukan saja.
  4. Cari menu berlangganan atau subscriptions, kemudian sentuh pada menu Manage
  5. Pada halaman selanjutnya, anda akan melihat opsi untuk menghidupkan dan mematikan fitur Auto Renewal. Jika dalam kondisi hidup, silakan matikan.

Kemudian untuk pengguna Windows atau MAC

  1. Buka iTunes kemudian cari bagian Music View
  2. Sama seperti sebelumnya, cari icon orang untuk menuju kotak login. Silakan masukkan ID serta password anda.
  3. Berikutnya akan muncul pilihan drop down. Anda bisa pilih account info dan masukkan lagi password jika diminta.
  4. Berikutnya scroll ke bagian bawah halaman, ada menu settings disana. Cari bagian subscriptions > manage dan akan ada pilihan untuk menonaktifkan fitur Auto Renewal.

Selamat mencoba.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+