Cara Membatasi Akses Google Chrome Untuk Keamanan Data

Biasanya kita jarang berpikiran untuk mengunci Google Chrome untuk mengamankan data yang terdapat disana. Cara termudah untuk mencegah orang menyalahgunakan browser adalah dengan menghapus riwayat setelah kita selesai menggunakannya. Hingga saat ini, Chrome masih menjadi salah satu browser favorite yang popularitasnya berhasil melampaui browser-browser yang telah lebih dulu diperkenalkan.

Cara Membatasi Akses Google Chrome Untuk Keamanan Data

Itu karena browser ini ringan dan hadir dengan begitu banyak fitur. Bukan hanya untuk komputer saja, Smartphone juga banyak yang menginstal Chrome dibandingkan yang lain. Saat browsing, semua data akan secara otomatis tersimpan di dalam browser terkecuali jika anda memilih mode Incognito saat pertama kali menggunakannya. Jika anda merasa ada banyak data penting disana, tidak ada salahnya untuk mengunci browser. Kali ini kami ingin berbagi informasi tentang cara membatasi akses Google Chrome untuk keamanan data.

Disini kita akan membutuhkan ekstensi yang disebut dengan “Simple Startup Password”. Ekstensi ini tidak memberatkan kerja browser, jadi anda tidak perlu khawatir. Jika sudah terinstal, maka setiap kali ada orang yang ingin memakai browser, ia akan dimintai password terlebih dahulu.

  • Pertama buka Google Chrome terlebih dahulu, lalu cari ekstensi berikut ini.
  • Silakan instal ekstensi tersebut. Setelah selesai, lanjut masuk ke Tools dan lihat extension disana.
  • Akan terlihat semua ekstensi yang pernah anda pasang sebelumnya.
  • Temukan Simple Startup Password, lalu klik tombol Option.
  • Halaman baru akan muncul dimana anda bisa langsung memasukkan password. Silakan tentukan password sesuai dengan keinginan.

Itu saja, sekarang setiap ada orang yang mencoba masuk ke browser, akan ada notifikasi untuk memasukkan password terlebih dahulu. Jadi pastikan anda mengingat password tersebut dan jangan sampai lupa.

Ini adalah cara yang sangat tepat untuk membatasi akses kepada pengguna yang tidak bertanggung jawab. Browser Chrome bisa saja disalahpergunakan di tangan yang tidak tepat. Jadi silakan pikirkan sekarang juga apakah anda perlu memproteksi browser tersebut dengan password atau tidak. Itu tadi cara membatasi akses Google Chrome untuk keamanan data. Semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+