Cara Membebaskan RAM Smartphone

Kuota RAM dibutuhkan untuk menjaga kecepatan Smartphone agar tetap stabil. Itulah mengapa salah satu spesifikasi penting yang perlu anda pertimbangkan saat membeli Smartphone adalah kapasitas RAM. Semakin besar RAM, semakin leluasa kita menginstal banyak aplikasi tanpa perlu khawatir mengalami lag atau gangguan. Apa sebenarnya RAM? RAM adalah singkatan dari Random Access Memory.

Cara Membebaskan RAM Smartphone

Ini adalah unit yang dibutuhkan oleh Smartphone saat menjalankan aktivitas tertentu. Misalnya saja saat anda melakukan editing foto, browsing, dan sebagainya. Semakin banyak RAM tersedia, semakin banyak hal yang bisa kita lakukan dalam waktu bersamaan. Masalah RAM tidak hanya soal kuota saja, sebab banyak aplikasi juga melakukan proses running saat tidak dibutuhkan sehingga bisa memenuhi RAM. Saat Smartphone sudah mulai melambat, maka itu artinya kapasitas RAM sudah semakin terbatas.

Ada beberapa cara membebaskan RAM Smartphone. Yang pertama adalah dengan membatasi live wallpaper dan jumlah widget. Banyak dari kita biasanya ingin agar Smartphone terlihat keren sehingga menjejali layar dengan berbagai widget. Tidak sampai disitu, kita juga akan menginstal wallpaper bergerak karena wallpaper jenis ini memberikan kesan hidup pada Smartphone. Masalahnya adalah banyak dari aplikasi ini berjalan di background dan mengambil kuota RAM. Selain itu, sudah bukan rahasia lagi jika live wallpaper bisa mempengaruhi daya tahan baterai. Jadi pergunakanlah widget secara bijaksana. Jangan menjejali layar dengan tumpukan widget yang tidak anda butuhkan.

Cara lain yang terbukti efektif adalah mematikan aplikasi. Aplikasi yang telah dinonaktifkan tidak akan berjalan di background sehingga tidak mempengaruhi kapasitas baterai. Silakan periksa apa saja aplikasi yang sudah anda install pada ponsel lewat menu Settings. Disana anda bisa melihat aplikasi mana saja yang menguras banyak memori. Jika memang tidak dibutuhkan, sebaiknya uninstal saja sebab ini bisa memberikan perbaikan performa yang signifikan pada Smartphone anda.

Mematikan aplikasi sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke menu Settings > Apps > Application Manager. Setelah itu anda bisa menuju All Tab dan melihat semua aplikasi terinstal disana. Klik salah satu aplikasi yang ingin anda remove dari Smartphone, lalu tekan disable atau Uninstall. Lakukan hal yang sama pada aplikasi-aplikasi lain yang tidak anda butuhkan. Itu tadi beberapa cara membebaskan RAM Smartphone.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, Tips dan Trik