Cara Membebaskan Space di iCloud

Pemakaian layanan storage online semakin populer sekarang ini karena orang-orang tidak ingin direpotkan dengan hard drive eksternal yang berat. Dengan layanan penyimpanan online seperti iCloud, kita hanya perlu membeli space untuk menyimpan data. Selebihnya yang dibutuhkan hanya koneksi internet untuk mengakses semua data yang tersimpan disana. iCloud menawarkan kuota penyimpanan gratis sebesar 5GB. Bagi anda yang gemar menyimpan foto dan lagu, kuota ini tidak bisa dibilang besar.

cara membebaskan space di iCloud

Kendala lainnya adalah kuota tersebut dibatasi per ID Apple, bukan per perangkat. Jadi anda mungkin akan menghabiskan kuota lebih cepat dari yang diduga terutama jika anda aktif mengunduh lagu-lagu terbaru atau asik dengan foto selfie anda. Jika anda tidak berencana untuk memperluas memori, maka berikut ini kami sampaikan cara membebaskan space di iCloud.

  • Pertama, anda harus tahu seberapa banyak space yang sudah dipergunakan. Untuk melihatnya, silakan masuk ke menu Settings pada perangkat iOS anda. Berikutnya sentuh menu iCloud > Storage > Manage Storage.
  • Berikutnya, anda perlu menghapus backup data karena ada kemungkinan bagian ini yang banyak menghabiskan space di dalam akun anda. Ini bisa saja terjadi jika anda rutin mengupdate perangkat. Misalnya sebelum iPhone sekarang, anda sudah pernah memiliki seri iPhone lama dan melakukan backup data beberapa kali. Jika tidak membutuhkannya lagi, sebaiknya backup data tersebut dihapus saja. Caranya adalah scroll opsi backup ke bawah, lalu tekan opsi Delete Backup.
  • Tips berikutnya adalah mengubah pengaturan untuk backup data. Ini bisa dilakukan untuk menyortir data yang disimpan ke dalam cloud. Caranya, silakan masuk ke menu Settings, lalu sentuh iCloud. Disini anda bisa memilih data apa saja yang akan disimpan ke dalam iCloud nantinya. Jika ada bagian yang tidak terlalu anda butuhkan, silakan alihkan toggle ke OFF untuk menghapus data. Dengan melakukan pengaturan ini, nantinya jenis data yang tidak dibutuhkan tidak akan dibackup kemudian hari.
  • Tips lain yang juga berguna adalah memakai beberapa layanan cloud. Ada banyak sekali jasa penyimpanan data online yang menyediakan kuota gratis meski terbatas. Salah satunya adalah Google Drive. Opsi lain yang bisa anda coba adalah Dropbox. Tiap service memiliki batasan yang berbeda dan untuk menambah kuota, anda bisa beralih ke versi berbayar.

Itu tadi beberapa cara membebaskan space di iCloud.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, Tips dan Trik