Cara Membuat Password pada Folder di Komputer

Bangbiw.com – Folder merupakan salah satu bagian dalam komputer atau perangkat portable yang berisi berbagai data yang disimpan oleh pengguna. Terkadang data yang tersimpan ini adalah data rahasia yang tidak dikehendaki untuk diketahui oleh orang lain seperti data password, skripsi, data project dan berbagai data lainnya yang dikira penting dan sangat beresiko jika ada orang lain yang mengetahuinya.

Untuk menyimpan data penting tersebut banyak pengguna komputer yang menyiasati caranya dengan mengunci folder agar tidak semua orang bisa mengaksesnya, untuk mengunci folder di dalam komputer terdapat dua cara yakni dengan menggunakan software serta tanpa menggunakan software sama sekali. Kedua cara mengunci folder ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, misal jika yang tanpa software maka proses akan lebih rumit namun lebih aman.

kunci folder komputer

Sementara mengunci folder dengan software akan lebih mudah dan simpel karena sudah ada program tersendiri namun kekurangannya beresiko tersusupi virus, malware dan berbagai hal yang membahayakan lainnya yang biasa ada di software gratisan. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita ulas cara membuat password pada folder di komputer.

1. Mengunci Folder dengan software

Untuk mengunci folder dengan software maka kita bisa menggunakan berbagai software yang tersedia di internet. Untuk mencarinya ketikan saja keyword Lock Folder Software di internet, maka akan ditemukan banyak situs yang merujuk kepada software/aplikasi yang berguna untuk mengunci folder. Kita hanya tinggal memilih yang free dan terpercaya kemudian mengunduh dan menjalankannya.

2. Mengunci folder tanpa Software

Untuk mengunci folder tanpa software maka kita bisa menggunakan aplikasi bawaan windows seperti Notepad. Yang pertama yang perlu dilakukan adalah buka Notepad kemudian copy kan semua code dalam gambar di bawah ini ke notepad.

bangbiw

Perhatikan tulisan yang berwarna merah, ganti dengan password pilihan yang Anda inginkan (diutamakan password yang mudah diingat namun sulit diketahui orang lain). Setelah beres barulah file notepad di simpan dengan nama Lock.bat atau Folderlock.bat, lalu kemudian save di dalam folder yang akan dikunci, tutuplah file tersebut.

Setelah di tutup bukalah kembali file dan masukan password yang anda masukan tadi, maka akan keluar tampilan Do you want to lock the file Y/N. Isi dengan Y yang berarti yes, dan selesai folder Anda sekarang sudah terkunci.

Untuk membuka folder maka Anda harus menginputkan password yang sudah disetting sebelumnya. Selamat mencoba.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Komputer, Tutorial