Cara Membuat Power Point Yang Menarik Perhatian Para Audiens

Power Point merupakan media yang penting dalam penyampaian suatu pesan dan informasi yang ditujukan kepada banyak orang agar sasaran mengerti dan memahami arti pesan dan informasi yang telah disampaikan. Bagi sebagian orang, jika hanya mendengarkan ceramah saja pasti akan sangat membosankan. Berbeda halnya dengan dalam penyampaian informasi dengan metode yang sama, akan tetapi menggunakan media yang mampu menarik perhatian para audiens.

Aplikasi Power Point milik Microsoft ini, tidak hanya sekedar slide yang berisi tulisan pesan atau informasi saja. Akan tetapi, dalam aplikasi ini slide presentasi dapat dikreasikan semenarik mungkin agar para audiens merasa tertarik dan tidak jenuh. Disini, kita mampu bermain kekreatifan dengan menggunakan fitur-fitur yang sudah ada.

Jika audiens sudah tertarik, otomatis penyampaian presentasi akan berhasil. Penyampaian pesan dan informasi akan tepat pada sasaran sehingga audiens mampu menerapkannya. Berikut adalah Cara Membuat Power Point Yang Menarik.

Membuat Power Point Yang Menarik

Bagian-bagian penting dari slide Power Point yang harus diperhatikan adalah:

Slide Pembuka

Slide pembuka merupakan kekuatan dari presentasi kita. Ini adalah awal mula dari ketertarikan audiens akan presentasi yang kita lakukan. Jadi, pada bagian ini sebaiknya dibuat sekreatif mungkin. Entah itu bermain warna, menambahkan gambar, video, animasi, atau apapun selama masih berhubungan dengan topic atau bahan yang dipresentasikan.

Font

Pemilihan font pada slide Power Point juga merupakan hal yang tidak kalah pentingnya. Disini, Anda dapat menggunakan font yang berbeda pada satu slide, atau pada slide yang berbeda. Asalkan dengan catatan, selama tulisan masih jelas dan mudah dibaca. Selain itu, ukuran font juga mempengaruhi dalam melakukan presentasi. Sesuaikan ukuran font, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar. Dirasakan, sekiranya audiens dapat melihatnya dengan jelas.

Permainan font disini, dapat menggunakan warna yang selaras dengan backgroundnya ataupun bisa juga pada kata-kata yang penting menggunakan font dengan ukuran yang lebih besar. dengan begini, audiens akan dapat memngingat bagian-bagian apa yang penting dan harus diingat.

Tulisan

Dalam melakukan presentasi, tidak perlu menggunakan tulisan atau kata-kata yang panjang. Selain akan melahkan Anda saat membacanya, juga data membuat audiens jenuh bahkan bisa saja aaudiens tidak mengerti dengan maksud pesan yang Anda sampaikan. Sebaiknya, gunakan kata-kata yang singkat, jelas, dan mudah dimengerti. Kalmia yang pendekpun, nantinya akan terbantu dengan animasi gambar ataupun lainnya tergantung pada isi presentasi.

Warna

Penggunaan warna slide yang selaras dan berpadu satu dengan yang lainnya akan membuat para audiens semakin tertarik dan terpesona. Hal ini yang tidak boleh kita lewatkan. Pada dasarnya, para audiens mudah terarik denan keindahan. Maka dari itu, permainan warna slide sangat diperlukan disini

Gambar

Ini tidak kalah pentingnya. Penyisipan gambar sebagai pengganti kata-kata panjang jauh lebih efektif daripada hanya membaca saja. Karena, dengan adanya gambar audiens bisa lebih memahami dan mengerti maksud dari presentasi tersebut. Carilah gambar yang sesuai dengan bahan atau materi presentasi. Dengan begitu, aan semakin menarik perhatian para audiens dan lebihjelas.

Posisi dan Background

Untuk membuat power point terlihatsemakin menarik dalam slide demi slidenya, maka aturlah posisi gambar, kotak, kata, kalimat, atau apapun itu secara silih berganti atau acak. Asalakan dengan catatan tidak terlalu over dan sembarangan. Karena, bukan semakin menarik perhatian malah akan mempersulit audiens untuk memahami.

Kemudian, untuk background dapat menggunakan mackground yang polos, agar kita lebih mudah bermain warna, font, gambar, posisi atau kalimat dalam membuat presentasi.

Video dan Effect

Pada saat menampilkan slide, dapat juga di sisipkan video yang sekiranya perlu dan berhubungan dengan materi presentasi. Tentunya akan menjadi sesuatu yang menarik dan audiens dapat lebih memahami arti dari materi yang disampaikan.

Disamping itu, tidak hanya dengan gambar, warna, video, font, kalimat atau posisi dan background saja yang mampu membuat power point itu terlihat menarik. Tetapi dengan adanya effect yang diberikan pada tampilan slide juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi audiens, selama tidak berlebihan dan kekanak-kanakan.

Demikian cara membuat power point kita agar terlihat menarik dan tidak monoton bagi ara audiens. Selain itu, para audiens dapat lebih memahami dan jelas dengan materi yang telah dipresentasikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Simak juga artikel Software Keren Untuk Presentasi.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Sharing