Cara Membuat USB Disk Bootable Untuk Windows 10

Apakah komputer anda sudah menjalan sistem operasi Windows 10 terbaru? Ada banyak sekali fitur yang disertakan kali ini. Jika anda ingin memasangnya pada perangkat, maka anda bisa melakukan itu secara otomatis. Namun ada pula opsi untuk membuat disk bootable agar sistem operasi terbaru ini bisa dipasang.

Cara Membuat USB Disk Bootable Untuk Windows 10

Anda bisa memakai disk USB atau DVD, namun USB punya banyak kelebihan, salah satunya adalah karena proses membaca dan menulisnya yang lebih cepat. Lebih mudah pula untuk menemukan ini atau mungkin pada perangkat anda tidak terdapat DVD driver. Ini bisa menjadi alternatif terbaik. Pastikan USB yang ingin anda pakai tersebut tidak ada data pentingnya karena pada salah satu tahapan, anda perlu memformat drive tersebut, jadi semua data yang tersimpan disana akan menghilang.

Kemudian untuk kapasitasnya, kami sarankan pilih yang punya setidaknya memori tersedia 4 GB. Total kuota yang dibutuhkan adalah sekitar 3 GB. Berikut ini adalah tahapan-tahapan untuk membuat USB disk bootable untuk Windows 10:

  1. Yang pertama, anda harus mengunduh Windows 10 Media Creation Tool. Silakan untuk pada link yang tertera berikut ini: 32-bit (x86), 64-bit(x64)
  2. Jika anda belum tahu tipe Windows mana yang berjalan di komputer anda, silakan cari menu Start, ketik Control Panel > System and Security. Pada opsi System, anda akan melihat tipe Windows yang sedang berjalan pada perangkat.
  3. Setelah anda mengunduh dan menginstal Media Creation Tool, berikutnya langsung coba anda buka saja aplikasi tersebut. Akan muncul tab yang menanyakan action apa yang akan dilakukan. Pilih Create Installation Media for Another PC, lalu berikutnya tekan Next.
  4. Perhatikan layar, disini anda bebas memilih bahasa instalasi dan berbagai opsi lainnya, seperti Edition dan Architecture. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan.
  5. Khusus pada Edition, ada beberapa pilihan penting. Berikut penjelasannya:

Windows 10 Home: opsi ini adalah untuk komputer yang menjalankan Windows 7 Starter, Windows 7 Home Basic, Windows 7 Home Premium, Windows 8, Windows 8.1, Windows 8.1 with Bing, atau Windows 10 Home.

Windows 10 Pro: opsi ini adalah untuk komputer yang menjalankan Windows 7 Professional, Windows 7 Ultimate, Windows 8 Pro, Windows 8.1 Pro, Windows 8 Professional, Windows 8.1 Professional with Media Centre, atau Windows 10 Pro.

Windows 10 Home Single Language: opsi ini adalah untuk komputer yang menjalankan Windows 8 Single Language, Windows 8.1 Single Language, atau Windows 8 Single Language With Bing.

Kalau tidak ada dari yang disebutkan diatas, pilih yang satunya lagi.

5. Jika anda ingin membuat USB disk untuk Windows 10, maka pilih opsi USB Flash Drive dan ikuti instruksi selanjutnya.

Itu tadi tahapan-tahapan membuat disk USB bootable untuk Windows 10. Cukup mudah, bukan?

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik