Cara Memilih Cooling Pad Untuk Laptop

Cooling pad adalah salah satu aksesoris penting yang bisa anda gunakan untuk menjaga laptop tetap dingin. Ini sangat penting peranannya terutama jika kipas angin utama mulai tidak bekerja secara optimal. Fungsi dari cooling pad adalah untuk mengalirkan udara ke sistem yang menghasilkan panas tinggi. Panas berlebih bisa menyebabkan kerusakan pada laptop. Kali ini kita akan berbagi informasi cara memilih cooling pad untuk laptop.

Cara Memilih Cooling Pad Untuk Laptop

Yang pertama, anda perlu memilih laptop yang kipas anginnya berjarak dekat dengan hotspot. Hotspot merupakan area pada permukaan bawah laptop yang menghasilkan panas. Panas tersebut biasanya berasal dari elemen cpu. Jika dibiarkan terlalu lama, ini bisa menyebabkan kerusakan pada sistem. Anda perlu menentukan material dari cooling pad tersebut. Saat ini material yang paling umum adalah plastik dan logam. Plastic memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah harga yang lebih murah. Jika anda tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk cooling pad, maka silahkan beli yang terbuat dari material plastik.

Ada pula cooling pad yang terbuat dari metal. Material ini memungkinkan distribusi panas secara lebih merata. Selain itu logam juga dikenal kuat dan awet. Tentu saja dengan semua kelebihan tersebut, cooling pad metal punya bandrol harga lebih tinggi daripada yang plastik. Soal desain, anda bisa memilih yang sesuai dengan keinginan. Meskipun fungsi utama dari alat ini adalah untuk mendinginkan laptop, tapi ada berbagai variasi model tersedia. Ada yang bentuknya seperti lingkaran, kotak, lipat, dan bentuk-bentuk unik lainnya. Sebenarnya bentuk tidak secara langsung mempengaruhi performa dari cooling pad, tetapi ini hanya bertindak sebagai hiasan untuk mempercantik tampilannya.

Pertimbangan lain dalam memilih cooling pad adalah dimensi atau ukuran. Jangan sampai kipas yang anda beli ukurannya lebih kecil daripada permukaan laptop. Laptop saat ini tersedia dalam beragam ukuran, mulai dari 10 inci hingga 17 inci. Cooling pad juga demikian, tersedia dalam beragam ukuran. Pilihlah produk yang mampu mengakomodasi permukaan laptop. Ukuran yang lebih besar tidak masalah, tapi alangkah baiknya jika ukurannya benar-benar pas dengan permukaan laptop supaya semua titik panas bisa dijangkau secara maksimal. Selain itu anda juga perlu mempertimbangkan tinggi untuk menghindari masuknya debu ke dalam sistem. Itu tadi cara memilih cooling pad untuk laptop.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



, Tips dan Trik