Cara Memilih Harddisk Eksternal yang Baik

Kebutuhan kapasitas bagi pengguna komputer atau laptop tiap hari makin meningkat, hal ini dikarenakan file-file yang ingin disimpan memakan kapasitas yang besar sehingga membutuhkan media penyimpanan tambahan seperti Harddisk eksternal. Harddisk eksternal sangat cocok bagi pengguna laptop, karena kebanyakan laptop hanya memiliki satu slot harddisk internal sehingga tidak bisa menambah Harddisk internal melainkan mengganti Harddisk tersebut. Untuk menambah kapasitas penyimpanan maka dibutuhkan Harddisk eksternal.

Cara Memilih Harddisk Eksternal

Lalu ketika kita ingin membeli Harddisk disk eksternal, hal apa saja yang harus diperhatikan? Berikut ulasannya tentang Cara Memilih Harddisk Eksternal yang Baik.

Kapasistas Harddisk

Untuk mengetahui keperluan kapasitas Harddisk pastikan kamu memperhitungkannya sesuai kebutuhan. Seperti kebutuhan kamu untuk menyimpan puluhan film 1080p, foto dari kamera dslr atau installer game-game yang memakan size besar maka kebutuhan kamu akan Harddisk yang berkapasitas 1TB atau 2TB.

Jika hanya untuk penyimpanan office atau beberapa file-file yang tidak membutuhkan penyimpanan yang besar maka cocokanlah dengan kebutuhan penyimpanan kamu.

Kecepatan Harddisk

Kecepatan ini terdiri dari beberapa faktor yaitu bisa dari kecepatan rotas dari sebuah piringan Harddisk dan bisa dari port USB tersebut. Semakin besar putaran rpm Harddisk maka semakin baik performa nya. Contoh Harddisk 7200 rpm lebih baik dari pada Harddisk 5400 rpm.

Lalu untuk laptop yang sudah memiliki fitur USB 3.0 pastikan kamu memilih Harddisk yang sudah port USB 3.0, karena hal ini akan mempercepat proses transfer data. USB 3.0 memiliki kecepatan 5 gbps dan USB 2.0 hanya memiliki kecepatan 480 mbps. Port Harddisk 3.0 juga bisa hubungkan dengan laptop atau komputer yang memiliki port USB 2.0.

HDD Encoure

HDD encoure atau biasa disebut cover Harddisk merupakan hal selanjutnya yang harus diperhatikan saat memilih Harddisk eksternal. Jika aktivitas kamu sering berpergian yang membutuhkan keamanan lebih untuk perangkat kamu maka Harddisk eksternal dengan pelindung bisa menjadi pilihan. Namun jika hanya menggunakannya di rumah atau di kampus Harddisk dengan tidak memiliki pelindung sudah cukup, tergantung kita merawatnya.

Fitur pada Harddisk Eksternal

Hal terkahir yaitu fiturnya. Jika kamu ingin maka kamu bisa mendapatkan Harddisk eksternal dengan fitur backup, password protection bahkan akses penyimpanan could dan fitur-fitur lainnya yang ditawarkan oleh Harddisk eksternal tersebut.

Nah itu tadi cara memilih Harddisk eksternal yang baik, semoga tips di atas bisa menjadi acuan dalam memilih harddisk eksternal yang cocok untuk kebutuhan kamu.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware, Tips dan Trik