Cara Memilih VGA add-on yang Sesuai

VGA (Video Graphics Accelerator) card fungsinya adalah untuk mengolah data grafis yang akan ditampilkan pada layar monitor. VGA add-on biasanya disebut dengan VGA card, karena komponen ini memiliki bentuk seperti kartu yg ditancapkan pada motherboard melalui satu slot yg khusus.

Sedangkan bila anda menambah VGA card lain, maka biasanya baru disebut sebagai VGA add-on.

Daftar Harga VGA Nvidia Terbaru

Berikut ini Cara Memilih VGA add-on yang Sesuai langkah-langkah untuk memilih VGA add-on yang sesuai agar nantinya dapat terwujud hasil yang optimal :

Jenis slot harus sesuai dengan yang ada pada Motherboard

VGA mempunyai dua jenis slot yang berbeda. Ada 2 (dua) jenis slot untuk VGA yaitu PCI-Express (PCI-E) dan AGP. Untuk Jenis slot AGP saat ini sangat jarang ditemukan. Jenis slot AGP banyak digunakan pada motherboard lama sedangkan untuk saat ini sebagian besar motherboard menggunakan slot PCI-E.

Spesifikasi VGA

Ketika memilih VGA lebih baiknya Anda musti memperhatikan tiga hal berikut ini. Tigahal yang harus anda perhatikan dari spesifikasi VGA itu adalah kapasitas memori, jenis memori dan lebar jalur komunikasi (buswidth).

Sebagai contoh VGA dengan spesifikasi 256 MB DDR3 128 bit. Angka 256 MB itu mempunyai arti bahwa besarnya memory VGA tersebut adalah senilai angka tersebut. Hal ini berpengaruh pada tingginya resolusi yang mampu didukung oleh VGA tersebut. Apabila hendak menggunakan monitor yang berukuran besar maka kapasitas memory VGAnya juga harus lebih besar.

DDR3 artinya jenis memori yang mengacu pada kecepatan aksesnya. DDR3 relatif lebih cepat aksesnya dibanding dengan DDR2. Angkat 128 bit artinya lebar jalurnya, semakin lebar jalurnya, semakin banyak pula data yang dapat lewat dalam 1 (satu) waktu.

Jangan Lupakan Tipe GPU

GPU mempunyai kecepatan (core clock) yang dapat diukur dengan satuan MHz. Intinya GPU generasi yang lebih baru penampilannya juga lebih baik dibandingkan dengan generasi yang lama, yang penting spesifikasi memorinya sebanding.

Jangan Lupakan Port Output

Dari beberapa faktor-faktor yang telah diulas diatas masih ada lagi hal yang musti anda ketahui untuk memilih VGA add-on yang sesuai. Hal yang harus diperhatikan adalah port keluarannya. Ada yg masih D-Sub (port yg biasanya digunakan pada monitor CRT), ada juga yang DVI (jenis ini biasanya digunakan untuk beberapa jenis monitor LCD) dan bahkan ada yang HDMI (untuk monitor LCD High Definition). Kebanyakan ada port S-Video (port berbentuk bulat untuk dihubungkan dengan pesawat TV). Fungsi port S-Video tersebut yaitu digunakan sebagai monitor.

Fitur Support Tambahan

Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam memilih VGA adalah tentang fitur lain yang mendukung VGA agar lebih baik. Fitur satu ini patut untuk anda pertimbangkan dalam memilih VGA. Contoh fitur yang dapat mendukung VGA Direct (DX) versi tertentu. Fitur ini harus disatukan dengan sistem operasi atau aplikasi yang akan dipakai agar kualitas gambarnya lebih mantab.

Versi terbaru dari DirectX adalah DX10. Sebaiknya anda memilih VGA yang sudah support DX10 jika anda menggunakan sistem operasi Windows Vista. Untuk saat ini pada umumnya VGA generasi terbaru sudah mendukung DX10.

Demikian ulasan dari kami tentang cara memilih VGA add – on yang sesuai, semoga penyampaiannya diatas dapat bermanfaat bagi anda dan terima kasih atas kunjungannya.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Hardware, Tips dan Trik