Cara Memindahkan Aplikasi Smartphone ke Memori Eksternal

Bangbiw.com – Banyaknya aplikasi yang kita unduh tentu akan membuat kinerja ponsel menjadi lemot atau hang dan juga membuat memori internal cepat penuh. Untuk perangkat berbasis Android, tentunya bisa menyimpan banyak aplikasi yang telah kita di instal kemudian dipindahkan ke memori eksternal atau SD card. Namun tentunya tidak semua aplikasi dapat kita pindahkan ke memori eksternal, dengan metode tertentu kita dapat meng-enable fitur Move to SD Card di perangkat Android anda dengan cara berikut.

Cara memindahkan aplikasi smartphone ke memori eksternal

Cara ke-1

Pastikan komputer atau laptop anda sudah terinstal desktop manager untuk masing-masing vendor seperti Sony PC Companion untuk Sony Xperia atau Samsung Kies untuk Samsung Galaxy.

Download Move to SD, kemudian ekstrak di komputer atau latop anda.

Pada perangkat Android anda, pilih menu Setting -> Applications -> Development -> centang USB Debugging.

Sambungkan ponsel anda ke PC/laptop dengan menggunakan kabel data (USB cable).

Setelah perangkat anda dikenali oleh PC/laptop, jalankan file ‘Enable Move to SD.bat’.

Pindahkan aplikasi ke SD card dengan cara membuka menu Setting -> Applications -> Manage Applications kemudian pilih aplikasi apa saja yang ingin anda pindahkan dengan cara menekan tombol Move to SD.

Metode ini hanya bisa dijalankan selama perangkat Android anda terhubung pada PC. Setelah dicabut, tombol Move to SD kembali tidak aktif sepert semula.

Cara memindahkan aplikasi smartphone ke memori eksternal

Cara ke-2

Cara kedua yakni menggunakan aplikasi AppMgr III atau App 2 SD aplikasi ini tersedia di Google Play Store. Kegunaan dari aplikasi dapat memindahkan aplikasi yang semula berada di memori internal ke memori eksternal/SD card bisa juga sebaliknya.
Dalam aplikasi App 2 SD terdapat 3 buah tab yang menjadi acuan dari posisi aplikasi saat ini seperti Moveable yang berisi daftar aplikasi yang bisa untuk dipindahkan ke SD card, lalu ada On SD Card yang berisi daftar aplikasi yang berada di memori eksternal atau SD card dan yang terakhir yakni Phone Only yang berisi daftar aplikasi yang tersimpan di memori internal ponsel.

Cara memindahkannya adalah tinggal mengklik aplikasi yang ingin dipindahkan ke SD card di tab Moveable dengan memilih ‘Move to SD Card’, maka aplikasi tersebut akan langsung pindah ke memori eksternal.

Itulah beberapa Cara memindahkan aplikasi smartphone ke memori eksternal yang bisa Anda coba, semoga membantu.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Gadget, Tutorial