Cara Memindahkan Foto dari Facebook ke Google Photos

Hampir semua pengguna aktif Facebook pasti menyimpan foto-foto baik yang bersifat umum maupun personal. Mungkin anda sudah tahu bagaimana penyimpanan foto di Facebook bekerja dan ingin agar foto tersebut dipindahkan ke service lain, seperti Google Photos. Yang menjadi ganjalan disini adalah tool untuk export gambar di Facebook cukup rumit, namun kami akan memberikan solusi untuk anda. Berikut ini adalah tahapan-tahapan untuk memindahkan foto dari Facebook ke Google Photos:

Cara Memindahkan Foto dari Facebook ke Google Photos

Pertama-tama, anda harus login ke akun Facebook, kemudian ke Menu Settings > Download 1 copy dari data yang ingin ditransfer.

  1. Setelah itu, akan ada notifikasi email yang terhubung dengan akun facebook tersebut. Anda akan bisa mengunduh data dalam format .zip.
    Setelah terunduh, unzip data dengan mengisolasi folder “photos” di dalam.
  2. Setelah itu, anda bisa memindahkan backup foto tersebut ke Google Photos. Silakan ikuti tahapan-tahapan berikut ini:
  3. Anda harus punya Google Photos Backup Tool terinstal di komputer anda.
  4. Jika sudah, anda perlu login ke dalam akun dengan detil Akun Google yang anda miliki. Ini akan secara otomatis men-scan foto yang baru saja anda unduh dari akun Facebook.
  5. Hilangkan tanda “check” pada folder yang tidak anda butuhkan. Anda perlu memilih foto dan video yang ingin dipindahkan.
  6. Berikutnya anda perlu memilih ingin gambar berkualitas tinggi atau atau sesuai dengan yang tersimpan di dalam storage.
  7. Setelah itu, program akan mengambil gambar yang ingin diupload ke akun Google anda. Proses akan berjalan di background dan anda bisa menunggunya hingga proses tersebut selesai.

Memang banyak yang beranggapan bahwa memindahkan foto dari Facebook terbilang susah, namun ada begitu banyak tutorial yang bertebaran di internet. Seharusnya bukan menjadi hal yang sulit asalkan anda mau membaca tutorial tersebut. Dan lagi, masalah seperti ini tidak hanya terjadi pada Facebook saja. Situs image hosting lain juga terkadang tidak menyediakan opsi yang mudah bagi kita untuk mengambil backup data dan memindahkannya ke layanan image hosting yang lain. Jika anda memilih Facebook sebagai tempat hosting gambar sementara, mungkin anda harus berpikir ulang. Ada banyak layanan hosting gambar lain yang menyediakan fitur backup lengkap. Sekian informasi tentang cara memindahkan foto dari Facebook ke Google Photos.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+