Cara Memindahkan Game dan Pengaturan Antar Nintendo 3DS

Nintendo 3DS punya banyak penggemar. Konsol game yang sudah ada sejak 2011 ini sudah mengalami berbagai macam perubahan dari segi desain dan internal. Varian terbaru disebut dengan New Nintendo 3DS dan New Nintendo 3DS XL. Keduanya punya seabreg fitur tambahan dibandingkan dengan pendahulunya.

Cara Memindahkan Game dan Pengaturan Antar Nintendo 3DS

Perbedaan tersebut sangat signifikan. Jadi bagi mereka yang sudah punya versi sebelumnya dan ingin punya satu lagi, versi terbaru ini sangat layak untuk dimiliki. Satu masalah klasik Nintendo adalah kompatibilitasnya dengan perangkat tidak sebaik konsol Microsoft atau Apple. Artinya jika anda ingin membeli konsol yang baru, pengaturan serta game-game yang tersimpan di konsol lama tidak bisa begitu saja dipanggil ke konsol yang baru.

Semua data tersebut tidak tersinkronisasi dengan akun, melainkan hardware dari konsol. Itulah mengapa proses transfer data menjadi sedikit rumit untuk konsol yang satu ini. Namun yang dibutuhkan disini adalah kesabaran. Beberapa peralatan lain yang juga perlu dipersiapkan adalah microSD dan koneksi internet dengan Wi-Fi. Berikut ini adalah cara memindahkan game dan pengaturan antar Nintendo 3DS:

  1. Jadi sekarang sudah ada 2 konsol di tangan anda, 1 konsol lama dimana semua game tersimpan dan 1 konsol baru dimana anda ingin memindahkan semua data.
  2. Hidupkan kedua system.
  3. Pada kedua konsol, masuk ke menu System Settings, kemudian Other Settings.
  4. Pilih menu System Transfer. Selanjutnya sistem dari masing-masing konsol akan mencoba untuk melakukan koneksi ke internet.
  5. Berikutnya cari opsi Transfer Between Nintendo 3DS Systems.
  6. Pada konsol lama, silakan cari menu Send From This System.
  7. Pada konsol baru, silakan cari menu Receive from a Nintendo 3DS System. jadi pada dasarnya disini adalah pertukaran data antar dua perangkat, sangat mudah untuk dimengerti sebenarnya.
  8. Silakan ikuti saja langkah-langkah berikutnya yang muncul di layar. Nanti akan ada pilihan Move, proses transfer pun akan dimulai. Tunggu hingga proses tersebut selesai.
  9. Jika sudah selesai, akan muncul notifikasi untuk restart perangkat. Silakan saja tekan YES.
  10. Jika ada game yang terpasang pada konsol yang baru, anda bisa mengunduh ulang nanti setelah proses transfer selesai.

Setelah semuanya selesai, semua game dan pengaturan di konsol lama akan muncul di konsol baru anda. Itu tadi cara memindahkan game dan pengaturan antar Nintendo 3DS.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+