Cara Memperbaiki Kualitas Sinyal Wi-Fi

Bagaimana cara memperbaiki kualitas sinyal Wi-Fi? Ada banyak hal yang bisa anda lakukan. Sebelumnya anda perlu tahu terlebih dahulu apa penyebab buruknya sinyal Wi-Fi. Ini bisa terjadi karena terdapat hambatan pada jalur yang dilalui oleh sinyal.

Cara Memperbaiki Kualitas Sinyal Wi-Fi

  1. Yang pertama bisa anda lakukan adalah mengubah frekuensi Wi-Fi ke 5GHz. Kebanyakan perangkat Android bisa berjalan pada frekuensi ini. Alasan dibalik teori ini adalah karena pada frekuensi yang lebih tinggi, ada banyak ruang kosong yang tersedia. Ada kurang lebih 23 saluran 20 MHz pada frekuensi ini. Saluran tersebut ternyata tidak saling menutupi antara satu sama lain, yang bisa berdampak secara langsung pada penerimaan sinyal perangkat anda.
  2. Berikutnya, anda perlu melakukan tracking secara akurat. Cara manual yang orang sering pergunakan adalah berjalan di sekitar sinyal Wi-Fi. Jika jumlah bar yang menyala banyak, itu berarti sinyal terkuat berada di sekitar area tersebut. Namun metode pengukuran ini tidak selamanya akurat. Anda bisa mencoba cara lainnya, misalnya saja dengan memakai Wi-Fi Signal Booster. Silakan anda install pada perangkat, lalu tekan Manual Boost. Lalu perhatikan pada garis merah sembari anda berjalan mengitari area Wi-Fi. Semakin dekat dengan garis merah, semakin baik pula penerimaan sinyalnya.
  3. Anda juga bisa melakukan pengaturan pada perangkat untuk menghindari koneksi Wi-Fi yang buruk. Pengaturan ini umumnya tersedia pada perangkat Android. Mungkin ada beberapa jaringan yang tersedia di sekitar anda. Dengan fitur ini, perangkat hanya fokus pada sinyal berkualitas tinggi saja. Ini bisa menghemat waktu anda agar tidak perlu repot melakukan pengecekan secara manual. Silakan masuk ke menu Settings > Wi-Fi. Lalu ada menu disana untuk masuk ke menu Advanced. Ada pilihan centang untuk membuat perangkat menghindari koneksi yang buruk.
  4. Jika cara di atas tidak berhasil, anda bisa mencoba opsi ini. Update firmware anda. Sesekali perangkat anda mungkin akan menerima notifikasi update OTA. Biasanya ini dikirimkan oleh provider atau perusahaan pembuat perangkat. Silakan segera lakukan update karena biasanya setelah upgrade, berbagai fungsi di dalam Smartphone menjadi lebih baik. Anda juga bisa melakukannya secara manual, yaitu dengan masuk ke menu Settings > About > Software Updates.

Sekian cara memperbaiki kualitas sinyal Wi-Fi.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Tips dan Trik