Cara Memperbaiki Laptop Blue Screen

Blue screen pada laptop disebabkan adanya bentrokan pada drive yang menyebabkan operating system menjadi error.  Penyebab kerusakan lain adalah penggunaan file DLL yang kurang sesuai dengan system, hardware yang usang atau registrasi windows memori. Saat layar laptop blue screen, Berikut Cara Memperbaiki Laptop Blue Screen:

Blue Screen Windows 8

Pertama, bila layar tidak bisa masuk karena blue screen, tekan tombol f8 hingga lama. Tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan booting di jendela baru. Nah, saatnya anda memilih safe mode agar bisa masuk ke system windows. Tunggu beberapa saat hingga muncul layar windows. Selanjutnya klik start pada sisi kiri laptop anda. Pilih icon control panel. Dalam control panel tersebut pilih system dan security, kemudian klik action center, selanjutnya klik recovery dan terakhir klik tulisan open system restore. Jendela akan menampilkan beberapa arahan yang harus disetujui. Untuk itu klik next, kemudian klik next lagi, dan klik finish. Intinya setelah open system restore tinggal ikuti petunjuk saja.

Windows akan melakukan restart untuk memperbaiki system. Silahkan tunggu hingga proses restart selesai. Anda bisa menilai kinerja laptop; apabila layar terlihat booting dengan normal berarti masalah blue screen sudah teratasi.

Bila ternyata hal tersebut tidak mengatasi, kemungkinan ada hardware yang rusak. Cara memeriksanya tentu dengan melepas hardware dan meneliti apakah ada kerusakan. Bila memang ditemukan kerusakan berarti hardware tersebut harus segera diganti. Bisa juga disebabkan oleh memory RAM yang penuh sehingga tidak mampu lagi bekerja. Bila memang diperlukan tambahkan RAM agar system bekerja efisien.

Terkadang kerusakan terjadi ketika anda ingin menginstal windows XP baik 1, 2, atau 3. Hal ini disebabkan ketidakcocokan system dengan hardware. Agar tidak terjadi blue screen setelah menginstal sebaiknya minimkan fitur dalam komputer anda termasuk antivirus, game, atau hal-hal yang tidak penting. Fitur tersebut bisa diinstal kembali setelah windows terpasang nantinya.

Terakhir, bila sudah dibenahi tidak mampu atau anda takut terjadi kerusakan bawa saja ke teknisi komputer yang akan memeriksa laptop anda secara komplit. Itu tadi Cara Memperbaiki Laptop Blue Screen, semoga membantu.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+



Hardware, Tutorial, Windows