Cara Memperbaiki Pesan Error “Unfortunately App Has Stopped”

Memang sangat mengganggu jika kita mendapatkan pesan error saat sedang asik bermain game. Tak jarang setelah mendapatkan pesan error, aplikasi tertutup dengan sendirinya dan masalah serupa terus muncul saat berusaha menjalankan aplikasi tersebut. Berikut ini adalah cara memperbaiki pesan error “Unfortunately App Has Stopped”.

Cara Memperbaiki Pesan Error “Unfortunately App Has Stopped”

Hapus cache

Ini adalah cara pertama yang bisa anda tempuh. Faktanya pesan error tersebut bisa terjadi pada aplikasi mana saja. Anda harus tahu bagaimana untuk mengosongkan cache dari aplikasi yang bermasalah.

  1. Pertama-tama, masuk ke menu Settings
  2. Cari pilihan aplikasi atau Applications > Application Manager
  3. Nah, berikutnya silakan pilih aplikasi yang bermasalah tadi. Sentuh pada nama aplikasi, berikutnya anda akan masuk ke halaman informasi detil.
  4. Pada halaman ini, ada pilihan Clear Data dan Cache. Silakan pergunakan itu untuk mengosongkan cache dari aplikasi bersangkutan. Jika opsi ini tidak menuntaskan masalah, anda bisa beralih ke opsi berikutnya.

Menginstal ulang aplikasi

Opsi lain yang bisa anda coba adalah dengan menginstal ulang aplikasi. Caranya sangat mudah, anda terlebih dahulu harus menghapus aplikasi dari perangkat lewat menu Uninstall di Pengaturan. Selanjutnya silakan install kembali aplikasi tersebut dengan mencarinya di Google Play Store. Cara lain untuk menghapus aplikasi terinstal adalah lewat menu yang tersedia di halaman My Apps pada aplikasi Play Store. Cari aplikasi yang dimaksud, lalu tekan Uninstall. Berikutnya anda tekan opsi Install kembali.

Merestart perangkat

Cara lain yang juga bisa anda coba adalah menginstal ulang perangkat. Setiap ponsel memiliki sistem On/Off yang berbeda. Silakan cari tombol power pada Smartphone anda, biasanya terletak di bagian atas. Lalu tekan Restart, atau anda juga bisa mematikannya terlebih dahulu, baru kemudian menghidupkannya kembali. Cara ini tidak hanya bisa menuntaskan masalah aplikasi error, namun juga bisa mempercepat Smartphone yang kinerjanya semakin lambat.

Mereset Smartphone

Cara ini adalah opsi paling terakhir dan tidak selalu disarankan. Melakukan reset dan restart berbeda. Melakukan reset akan menghapus semua data penting anda, sebab Smartphone akan dikembalikan ke pengaturan pabrik / default. Terkadang cara ini bisa menyelesaikan masalah, namun terkadang tidak. Ada beberapa aplikasi yang memiliki banyak bug, sehingga cara ini mungkin tidak menyelesaikan masalah. Masalah baru akan clear jika pengembang melakukan perbaikan pada aplikasi yang dibuatnya.

Itu tadi beberapa cara memperbaiki pesan error “Unfortunately App Has Stopped”.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik