Cara Mempercepat Kinerja Komputer Anda

Jika akhir-akhir ini Anda merasakan komputer Anda menurun kinjerjanya, entah itu menjadi lemot, suka mengalami Not Responding, sebaiknya anda melalukan tips Cara Mempercepat Kinerja Komputer Anda berikut:

Cara Mempercepat Kinerja Komputer Anda

1. Update Terbaru

Pastikan Anda memiliki semua windows update terbaru, seperti anti virus yang telah terupdate, driver terbaru, dan hal lain sebagainya.

2. Update atau Hapus Aplikasi

Buka Add / Remove program pada control panel anda dan hapus aplikasi/software yang tidak lagi diperlukan. Atau hapus aplikasi versi lama dan ganti ke aplikasi yang versi terbaru.

3. Gunakan CCleaner

Download dan jalankan aplikasi CCleaner (gratis), CCleaner berguna untuk membersihkan history file-file PC Anda, termasuk Windows Registry.

4. Gunakan Malwarebytes

Jalankan Malwarebytes ‘Anti-Malware. Lakukan full scan dengan malwarebytes untuk menghapus virus yang terditeksi di PC Anda.

5. Periksa Hard Disk Anda

Restart PC Anda dan periksa hard disk Anda untuk mengecek kesalahan. Cara tercepat adalah dengan mengklik Start dan ketik chkdsk / r di kotak Run.

6. Gunakan Anvir Task Manager

Download dan install anvir Task Manager, aplikasi ini gratis alias free. Aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk pergi melalui program dan layanan startup PC Anda dan memblokir setiap yang aplikasi yang tidak ingin dimuat saat PC dinyalakan. Aplikasi ini juga akan menghentikan program dari memasukkan sesuatu ke dalam rutinitas startup tanpa izin Anda.

7. Gunakan Sysinternals ‘Process Explorer

Download dan jalankan Sysinternals ‘Process Explorer 12.04. Aplikasi ini seperti Windows Task Manager tapi jauh lebih kuat. Aplikasi ini dapat melihat semua aplikasi dan proses yang berjalan pada PC Anda dan dapat melihat apakah ada aplikasi yang mengkonsumsi sejumlah pemakaian dari CPU dan sumber daya lainnya. Jika salah satu aplikasi mencuri 90-100% dari prosesor, aplikasi yang lain akan berjalan sangat lambat.

8. Gunakan Aplikasi yang Ringan

Jika spesifikasi PC Anda tidak terlalu tinggi, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti anti virus yang sekiranya berat untuk PC anda dengan Microsoft Security Essentials, dan juga gunakan browser yang lebih ringan yaitu Google Chrome, kebanyakan yang bilang Google Chorme lebih ringan dari pada browser lain.

9. Defrag Hard Disk Anda

Defragment hard disk Anda dengan Disk Defragmenter bawaan windows, lakukan sebulan sekali jika perlu.

10. Bersihkan dari Debu

PC yang sudah lama tidak dibersihkan dapat menyisakan debu di komponen PC, jika Anda memiliki waktu senggang tidak ada salahnya membersihkan PC Anda dari debu. Pastikan komponen PC bersih dari debu dan fan/kipas berputar tanpa adanya hambatan debu.

Jika Anda sudah melakukan ke-10 tips di atas dan masih tidak ada perubahan mengenai solusi komputer Anda yang lemot sebaiknya install ulang komputer Anda. Baru saja anda membaca ulasan Cara Mempercepat Kinjera Komputer Anda. Semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Komputer