Cara Memperluas Jangkauan Sinyal WiFi

Ada beberapa cara memperluas jangkauan sinyal WiFi. Namun sebelumnya, sangat penting bagi anda untuk mengetahui karakteristik dari sinyal WiFi. Wifi pada 2.4 dan 5 GHz terdiri atas gelombang radio pendek. Ini artinya jika ada penghalang di sekitarnya, ini akan secara langsung berdampak pada jangkauan sinyal tersebut. Satu keunggulan dari gelombang pendek seperti ini adalah daya jelajahnya tidak terlalu luas, yang artinya anda bisa fokus pada penggunaan personal saja. Anda tidak perlu khawatir orang lain menyalahgunakan koneksi internet anda. Namun kekurangannya adalah jenis sinyal ini juga sangat dipengaruhi oleh kebersihan area di sekitarnya.

cara memperluas jangkauan sinyal WiFi

  • Yang pertama bisa anda lakukan adalah menyingkirkan benda-benda yang sekiranya menjadi penghalang bagi sinyal tersebut. Paling tidak jalur dimana sinyal lewat harus benar-benar bebas hambatan agar sinyal dari router sampai ke laptop anda dengan lancar. Letakkan router di tempat yang lengang di dalam rumah. Ini akan membantu menjangkau semua area.
  • Anda juga bisa mengulangi sinyal dengan alat Wireless Range Extender. Silakan cari informasi lebih lanjut tentang spesifikasi alat ini dan bagaimana cara menggunakannya. Alat ini cukup mudah dipergunakan dan tidak terlalu mengganggu penglihatan. Anda tidak harus membuat penguat sinyal sendiri yang tentunya akan sangat merepotkan. Harganya tidak terlalu mahal, biasanya masih berada di range ratusan ribu Rupiah tergantung dari merk. Pilihlah yang mendukung WiFi standar, seperti 802.11b dan 802.11g.
  • Berikutnya anda harus memakai wireless standar. Banyak penguat sinyal yang hanya mau bekerja untuk 802.11n. Ini tidak menjadi masalah jika perangkat tersebut kompatibel dengan router yang dipergunakan. Namun masalahnya banyak penyedia layanan internet masih memakai standar wireless yang agak jadul, sehingga mungkin saja tidak kompatibel dengan range extender yang anda pergunakan. Untuk mengetahui kecocokan perangkat, coba cek spesifikasi dari penguat sinyal pada kotak. Biasanya informasi tersebut tercantum di kotaknya.
  • Sebelum melakukan proses instalasi, sebaiknya anda cek terlebih dahulu koneksi internet. Caranya adalah dengan mengoperasikan laptop di dekat router sehingga tidak ada penghalang dan anda mendapatkan speed maksimal. Jika tidak ada masalah dengan router, baru lakukan proses instalasi penguat sinyal. Ikuti instruksi yang tertera di paket pembelian.

Sekian informasi tentang cara memperluas jangkauan sinyal WiFi.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik