Cara Menambah Simbol Emoji Pada Smartphone Android

Smartphone Android pada umumnya sudah mendukung simbol emoji. Namun untuk Smartphone lama, mungkin fungsi ini belum ada atau memang masih dalam kondisi nonaktif pada Smartphone anda. Emoji adalah ikon bergambar yang bisa dipakai untuk menyampaikan pesan namun bukan dalam bentuk kata. Pemakaian emoji dirasa lebih ekspresif dibandingkan dengan menuliskan kata-kata. Itulah mengapa banyak orang lebih memilih menuliskan pesan memakai emoji. Ini dipakai lintas platform. Tidak hanya iOS dan Android saja, namun website-website microblogging juga memakai fitur ini. Berikut ini adalah cara menambah simbol emoji pada Smartphone:

Cara Menambah Simbol Emoji Pada Smartphone Android

Pertama, anda harus cari tahu apakah Smartphone bisa membaca emoji. Emoji biasanya tidak bisa dibaca oleh ponsel jadul. Jika emoji dikirimkan, biasanya yang muncul bukan gambar, melainkan seperti kotak atau bentuk lain yang tidak menunjukkan gambar yang sesungguhnya. Anda bisa melakukan pengecekan dengan mengetikkan keyword emoji di Google. Jika pada laman pencarian anda melihat gambar emoji, maka artinya Smartphone anda mendukung emoji. Jika yang tampak hanya kotak-kotak, maka artinya Smartphone tidak bisa membaca kode emoji.

Lalu, bagaimana jika yang muncul adalah kotak-kotak? Anda bisa menampilkan emoji dengan memakai aplikasi perpesanan pihak ketiga yang mendukung emoji. Ada banyak sekali pilihan, misalnya LINE dan WhatsApp. Emoji tersebut akan tampak saat anda menerima atau mengirim pesan lewat aplikasi bersangkutan.

Cara lain yang bisa anda coba adalah memakai keyboard yang mendukung emoji. Mungkin keyboard Android anda tidak mendukung fitur ini. Asalkan Sistem Operasi pada perangkat adalah Android 4.4 atau yang terbaru, seharusnya tidak ada masalah jika anda ingin menginstalnya pada perangkat. Coba ganti pengaturan emoji pada keyboard. Silakan masuk ke menu settings > language and input > default. Disini anda bisa mengganti keyboard yang dipakai untuk perpesanan. Nah, selain memakai keyboard bawaan, anda juga bisa memakai keyboard pihak ketiga. Silakan install salah satu aplikasi berikut ini, Swiftkey, Minuum, atau Swype. Ganti pada pengaturan ke opsi keyboard dari aplikasi bersangkutan. Anda akan bisa memakai emoji setelahnya.

Itu tadi cara menambah simbol emoji pada smartphone.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tips dan Trik