Cara Menampilkan, Menyembunyikan dan Mengubah Ukuran Ikon Desktop pada Windows

Ikon pada desktop di Windows dapat memberikan Anda akses cepat melalui shortcut, dengan adanya shortcut Anda dapat melihat properti aplikasi dari shortcut tersebut, seperti lokasi filenya bahkan compatibility-nya. Pada tab General dari properti tersebut Anda bisa mengetahui type file, size dan waktu dibuat, dimodifikasi sampai waktu terakhir akses.

Jika Anda merasa terganggu dengan shortcut atau ikon desktop tersebut Anda dapat menyembunyikan ikon tersebut dan Anda bisa menampilkan kembali atau mengubah ukuran ikon desktop pada Windows Anda. Biasanya hal ini dicocokkan dengan thema windows atau jika Anda menggunakan aplikasi Rainmeter untuk mempercantik tampilan desktop Anda.

icon windows 7

Berikut Cara Menampilkan, Menyembunyikan dan Mengubah Ukuran Ikon Desktop pada Windows.

Cara Menampilkan Ikon Desktop:

Klik kanan desktop, arahkan ke View, lalu klik show desktop icons.

Cara Menyembunyikan Ikon Desktop:

Klik kanan desktop, arahkan ke View, lalu klik show desktop icons untuk menghapus tanda chentang.

Catatan: Menyembunyikan semua ikon pada desktop Anda tidak berarti menghapusnya, itu hanya menyembunyikannya saja sampai Anda memilih untuk menampilkannya kembali.

Cara Mengubah Ukuran Ikon Desktop:

Klik kanan desktop, arahkan ke View, lalu klik Large icons, Medium icons atau Small Icons.

Tips : Anda juga bisa menggunakan scroll pada mouse Anda untuk mengubah ukuran ikon desktop sesuai selera. Caranya tekan dan tahan Ctrl sambil menggulir scroll mouse Anda, jika Anda menggulirnya ke atas maka ikon akan lebih besar, jika Anda menggulirnya ke bawah ikon Akan menjadi kecil.

Cara Mengubah Bentuk Ikon Desktop:

Selain itu Anda juga dapat mengubah bentuk ikon desktop Anda, caranya klik kanan pada ikon yang ingin diubah, lalu pada tab Shortcut klik Change Icon, selanjutnya browse ikon yang Anda inginkan. Jika sudah jangan lupa klik OK lalu Apply.

change icon

Nah itu tadi 4 tutorial sekaligus tentang Cara Menampilkan, Menyembunyikan, Mengubah Ukuran dan Mengubah Bentuk Ikon Desktop pada Windows, cara ini sama jika Anda mempraktekkannya pada Windows 7, XP, Vista, bahkan Windows 8 sekaligus. Semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Tutorial, Windows