Cara Mengatasi Handphone yang Jatuh ke Dalam Air

Cara Mengatasi Handphone yang Jatuh ke Dalam Air – Dalam kesibukan kita, tak menutup kemungkinkan sifat tidak fokus seringkali terjadi. Hal itu sangatlah berisiko, termasuk apabila Anda tengah mengalami kejadian yang tidak diinginkan seperti misalnya handphone terjatuh ke dalam air. Tentu saja kita akan panik, mengingat air sangat mudah untuk merusak alat-alat elektronik.

Namun demikian, Anda tidak perlu panik lagi jika secara kebetulan Anda mengalami hal serupa. Handphone terjatuh ke dalam air, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kinerjanya dapat kembali seperti semula. Dalam artian handphone tersebut tidak mengalami kerusakan. Penasaran seperti apa langkah-langkah cara mengatasi handphone yang jatuh ke dalam air? Berikut ulasannya.

HP Jatuh ke Dalam Air

Jangan Hidupkan Handphone
Apabila ketika handphone terkena air dan handphone Anda tidak aktif, maka jangan sekali-sekali mengambil keputusan untuk menghidupkannya. Hal ini ditekankan agar sirkuit listrik yang terkena air tidak akan bereaksi, di mana apabila hal itu terjadi maka akan merusak komponen dalam handphone Anda. Selanjutnya apabila handphone Anda masih dalam keadaan aktif, maka segera nonaktifkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang telah disampaikan.

Lepas Baterai, Kartu SIM, Kartu Memori
Sebaiknya Anda melepas perangkat dasar yaitu baterai, kartu sim dan kartu memori. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi reaksi listrik yang menimbulkan kerusakan. Untuk itu lepas segera baterai, kartu sim dan kartu memori pada handphone Anda.

Keringkan Handphone
Selanjutnya disarankan untuk mengeringkan bagian-bagian dari handphone Anda. Bisa menggunakan hair dryer maupun kipas angin biasa. Bisa juga menggunakan sinar matahari tidak langsung. Ingat, tidak langsung. Apabila terkena sinar matahari langsung bukan menangani tapi justru akan merusak.

Pendam Menggunakan Beras
Tahukah Anda bahwa beras bisa menyerap air dengan cepat? Ya, hal ini telah terbukti di beberapa penelitian laboratorium. Beras terkenal dapat menyerap kelembaban dengan waktu relatif cepat. Nah, untuk itu maka pendamlah handphone Anda di dalam beras. Bisa menggunakan toples atau alat lain. Setelahnya, biarkan baterai bereaksi seharian penuh guna menyerap kelembaban pada handphone Anda.

Hidupkan Handphone
Setelah melewati beberapa langkah tersebut di atas, maka langkah terakhir adalah memasang komponen dasar yang telah dicopot tadi (baterai, kartu sim, kartu memori) dan kemudian mengisi baterai (charge) sampai penuh lalu dihidupkan.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara mengatasi handphone yang jatuh ke dalam air. Semoga bermanfaat.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
, Gadget, Tutorial