5 Cara Mengatasi Kecanduan HP yang Sulit Dihentikan

Bagaimana cara mengatasi kecanduan HP? Mungkin akan sulit jika hasil yang diinginkan harus dalam jangka waktu yang cepat. Sebab ketika mengatasi sebuah kecanduan, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Butuh pula proses tahap demi tahap agar otak kita bisa menerima alasan yang logis.

Begitu banyak ragam tips yang bisa diterapkan sebagai cara mengatasi kecanduan HP. Kecanduan HP bisa diselidiki lho. Bisa karena game, sosial media, email, dan banyak lagi. Namun kedua faktor tadi (game dan sosial media), menjadi faktor yang paling besar dalam menyebabkan kecanduan menatap layar gadget.

Untuk mengatasi kecanduan HP yang sulit dikendalikan, Bangbiw punya tips-tips praktis yang mudah diterapkan. Apa sajakah itu? Simak yuk, ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Mengatasi kecanduan HP: hapus konten adiktif

Cara Mengatasi Kecanduan HP yang Sulit Dihentikan

Konten-konten yang membuat kecanduan memang sangat sulit untuk ditinggalkan. Konten ini bisa jadi penyebab utama kenapa orang sering kecanduan HP. Kemana-mana membawa HP, bahkan ke kamar mandi pun sering dilakukan. Konten-konten baik aplikasi maupun browser, perlu ditinggalkan.

Bisa jadi konten berupa game dalam bentuk aplikasi yang jadi penyebabnya. Atau, konten lain di Instagram jadi terus-terusan menggoda kita untuk tetap melihatnya. Apapun konten yang berpotensi jadi candu terlebih jika konten tersebut negatif, maka harus segera ditinggalkan sekarang juga.

2. Buatkan waktu khusus untuk aktivitas offline

Cara Mengatasi Kecanduan HP yang Sulit Dihentikan

Cara mengatasi kecanduan HP yang berikutnya adalah dengan membuat waktu khusus untuk berkegiatan di dunia nyata. Dan waktu khusus ini sebaiknya lebih banyak dan mendominasi. Buat sebanyak mungkin jadwal aktivitas offline yang harus kamu kerjakan dalam sehari.

Sebisa mungkin hanya memberi jatah 1-2 jam membuka HP. Itupun waktunya kamu tentukan. Mulai dari pas makan siang, sore, atau jam 8 malam. Beri waktu sebanyak mungkin untuk kegiatan di dunia nyata, bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar, atau bisa juga membuat karya.

3. Batasi penggunaan ponsel dengan memanfaatkan timer

Cara Mengatasi Kecanduan HP yang Sulit Dihentikan

Masih berhubungan dengan poin nomor 2, yakni dengan membatasi penggunaan ponsel. Batasi waktunya. Sedini mungkin. Tetapi apabila masih dalam tahap permulaan, maka boleh saja durasinya panjang. Namun lama-lama, nanti kalau sudah terbiasa, harus dibuat sesingkat mungkin.

Durasi membuka ponsel hanya sebatas untuk mengecek pesan masuk dari WhatsApp atau e-mail. Kalaupun e-mail, itu bisa dilakukan lewat laptop atau komputer. Sebisa mungkin hanya melihat ponsel ketika ada pesan masuk atau panggilan masuk. Itu saja, tidak untuk hal lainnya.

4. Jika sedang bekerja/kuliah, silent ponselmu

Cara Mengatasi Kecanduan HP yang Sulit Dihentikan

Ketika kamu sedang fokus untuk bekerja atau belajar di kelas, maka sudah kewajibanmu untuk mematikannya atau setidaknya me-silent. Sebab jika sudah terlanjur membuka HP, buatmu yang kecanduan, ini sangat susah untuk dikendalikan. Bukannya bekerja atau belajar, nanti malah bermain HP terus-terusan.

Solusi yang paling efektif dan logis adalah dengan menonaktifkan ponselmu atau setidaknya menonaktifkan suara yang ada dalam ponselmu. Sebisa mungkin untuk selalu fokus dalam bekerja atau belajar. Nanti kalau pekerjaan atau pelajaran sudah selesai, kamu baru boleh membuka ponselmu.

5. Jalani hobi yang menyenangkan

Cara Mengatasi Kecanduan HP yang Sulit Dihentikan

Terkadang ketika kita terus-terusan membuka ponsel, itu disebabkan karena kegiatan yang dilakukan kurang asyik. Lebih asyik bermain ponsel seharian. Nah, solusinya adalah dengan membuat kegiatan-kegiatan offline atau di dunia nyata seasyik mungkin. Hingga membuatmu lupa membuka ponsel.

Kegiatan ini bisa dari hobi, sosialisasi atau berkumpul bersama teman-teman, atau hal lain yang sifatnya menenangkan, positif, dan menyenangkan. Carilah hobi semacam ini dan jalani dengan perasaan senang tanpa perlu khawatir berlebihan apabila ada pesan masuk atau panggilan penting dari orang lain.

Yaps. Itulah tadi sederet tips yang bisa sobat bangbiw terapkan ketika ingin menghentikan atau mengatasi kecanduan bermain HP seharian. Semoga tips-tips tadi bisa dilakukan dengan konsisten dan komitmen tinggi. Supaya perlahan-lahan rasa kecanduan tersebut bisa hilang. Selamat berjuang!

Bagikan...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter