Cara Mengatasi Mata Perih Saat Berlama-lama di Depan Layar Komputer

Cara Mengatasi Mata Perih Saat Berlama-lama di Depan Layar Komputer – Mata perih kerapkali menjadi hal lazim dialami oleh pekerja yang setiap harinya harus bertatapan dengan layar monitor. Ini disebabkan karena beberapa faktor, ada yang terlalu lama menatap layar, ada juga yang terlalu dekat dan sebagainya. Nah, apabila sudah mengalami mata perih, atau hal-hal lain seperti mata kering, pundak pegal dll maka Anda sepatutnya tidak meremehkan dan menganggapnya sebagai hal biasa.

Sebab jika itu terus menerus dibiarkan, maka akan terjadi kesalahan fatal yang kemudian berimbas pada kesehatan Anda, terutama pada bagian mata. Memang sulit untuk menghindari pekerjaan menatap layar monitor, bahkan suatu pekerjaan diwajibkan menggunakan komputer seperti bagian administrasi perusahaan, akuntansi, web development dan sebagainya. Namun demikian, Anda tak perlu khawatir, karena kami akan memberikan tips khusus untuk mengatasi mata perih saat berlama-lama di depan layar monitor. Berikut ulasannya.

Berlama-lama di Depan Komputer
Berlama-lama di Depan Komputer

Jaga Jarak Pandang
Anda dituntut untuk menjaga jarak pandang Anda saat menatap layar monitor. Jarak yang dapat diterapkan adalah sekitar 20 hingga 40 inci atau setara 50 cm sampai 100 cm. Apabila Anda kesulitan untuk membaca tulisan dengan jarak tersebut, maka Anda dapat mengatur besar kecilnya font pada komputer yang digunakan. Usahakan agar Anda merasa nyaman saat menatap layar monitor dengan jarak pandang seperti yang telah disebutkan tadi.

Atur Kecerahan
Manfaatkan betul fitur yang ada pada perangkat komputer Anda. Salah satunya adalah pengaturan pencahayaan saat mengoperasikan komputer. Hal ini dapat Anda terapkan guna menyelaraskan kenyamanan Anda saat menatap layar monitor. Usahakan untuk mengatur secara tuntas hingga Anda merasa nyaman. Dalam artian kecerahan layar tidaklah terlalu mencolok dan tidak juga terlalu meredup. Atur sedemikian rupa agar pekerjaan Anda lancar serta kesehatan mata Anda tetap terjaga.

Istirahat Sejenak
Apabila Anda telah menatap layar monitor dalam porsi waktu yang cukup lama, maka sebaiknya Anda beristirahat terlebih dahulu agar kesehatan mata Anda tidak terganggu. Sebagai contoh, apabila telah menatap layar monitor selama 30 menit maka istirahat selama 10-15 menit untuk melakukan senam mata. Nah, terserah Anda bagaimana memanajemen waktu saat menatap layar dan berapa lama istirahatnya. Di sini kenyamanan memanglah menjadi hal yang utama, dengan catatan tetap menganut pada petunjuk yang telah diberikan.

Demikianlah beberapa hal yang dapat kami sampaikan seputar tips cara mengatasi mata perih saat menatap layar monitor komputer berlama-lama. Semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda para penatap layar monitor. Terima kasih.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Komputer, Tips dan Trik